Menteri Agama Bertemu Mahasiswa Indonesia di Belanda

 
Menteri Agama Bertemu Mahasiswa Indonesia di Belanda

LADUNI.ID, Belanda - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertemu dengan mahasiswa Indonesia yang merupakan penerima beasiswa 5000 doktor Kemenag. Petermuaan di Negeri Kincir Angin ini,  bertempat di kantor KBRI.

Disana, Menag berdiskusi dengan para mahaiswa tentang relasi agama dan negara.

"Konteks agama dan negara di Indonesia dan bagaimana perspektif dunia memandangnya? kok ada pemerintah mengurusi agama? Realitas ke-Indonesiaan kita memang sangat khas," ujar Menag, Rabu (19/06/2019).

Menurut Menag, ada beberapa cara pandang melihat negara dan agama. Pertama, Agama dan Negara menyatu, itulah yang kemudian disebut negara Islam, agama itu ya negara itu sendiri, contoh vatikan.

Kedua, yang memisahkan secara tegas, dan negara tidak ikut campur. "Ketiga, kita tidak ikut keduanya, akan tetapi kita bangsa Indonesia menempatkan agama sebagai nila-nilai yang dapat memberikan inspirasi," kata Menag.

"Sehingga sebelum kita lahir, nilai-nilai religiousitas itu sudah ada. Kita sebagai bangsa sangat lekat dengan nilai-nilai agama. Sehingga pemerintah memfasilitasi membantu ajaran agama setiap warga negaranya," sambungnya.