Demonstran Hong Kong Kembali Beraksi

 
Demonstran Hong Kong Kembali Beraksi

LADUNI. ID, HONGKONG - Warga Hong Kong dengan jumlah ribuan orang melakukan demonstran berpakaian hitam memblokir jalan dan mengepung kantor pusat kepolisian di Hong Kong kemarin.

Unjuk rasa itu merupakan demonstrasi terbaru menentang rancangan undang-undang (RUU) ekstradisi yang memicu kerusuhan dan menciptakan krisis di Hong Kong. Sejumlah mahasiswa memakai topi, kaca mata dan masker wajah untuk membuat penghalang jalang dan menjebak sejumlah mobil.

Pengunjuk rasa mendesak Pemimpin Hong Kong Carrie Lam yang telah menunda RUU itu segera menghapusnya. “Orang-orang di isni memberi tekanan pada pemerintah bahwa kami tidak sepakat dengan rencana ekstradisi Anda,” ungkap mahasiswa Edison Ng yang berunjuk rasa di tengah suhu panas sekitar 32 derajat Celsius.

“Tidak jelas berapa lama kami akan tinggal. Pergi atau tidak pergi, rakyat akan memutuskan,” kata dia, dilansir Reuters.

Unjuk rasa ini menjadi tantangan terbesar bagi Presiden China Xi Jinping sejak berkuasa pada 2012. Otoritas kembali menerapkan penutupan sementara kantor-kantor pemerintah demi alasan keamanan