Cuaca Panas Diperkirakan Landa Benua Eropa Pekan Depan

 
Cuaca Panas Diperkirakan Landa Benua Eropa Pekan Depan

LADUNI.ID, Perancis - Benua Eropa atau yang lebih di kenal dengan nama Benua Biru, diprediksi akan dilanda cuaca panas berbahaya. Kisaran suhu udara di benua tersebut diperkirakan akan mencapai 38 derajat pada Rabu dan Kamis pekan depan. Akibatnya, sejumlah negara disana mulai meningkatkan kewaspadaannya. 

Seperti dilansir CNN, Minggu (23/6), cuaca panas itu diduga diakibatkan oleh badai yang terhenti di Samudra Atlantik dan tekanan udara tinggi yang terjadi di kawasan Eropa Tengah dan Timur. Menurut situs prakiraan cuaca (Accuweather), kondisi itu menyebabkan udara panas di Benua Afrika akan beralih ke kawasan Benua Eropa.

Sebelumnya, pada tahun 2018 Eropa juga telah dilanda cuaca panas yang mengakibatkan kematian penduduk di Spanyol dan Portugis, serta memicu kekeringan di Jerman dan Swedia. Menurut Accuweather, kali ini Spanyol akan menjadi daerah pertama yang diterjang cuaca panas sepanjang akhir pekan depan. Setelah itu cuaca panas akan menyebar ke Prancis, Jerman, Belgia, Republik Ceko, Swiss, dan Italia. Kondisi ini diperkirakan akan bertahan hingga awal Juli. 

Terkait hal tersebut, Badan Meteorologi Perancis, Meteo France, mengatakan cuaca panas akan dimulai pada Minggu dengan suhu berkisar 35 sampai 40 derajat Celcius di seluruh negeri. Kementerian Kesehatan Prancis pun mengimbau supaya pemerintah membuka taman-taman bagi para tunawisma untuk berteduh. Mereka juga meminta pemerintah daerah membantu para warga lanjut usia.

Sementara itu, menurut Badan Meteorologi Jerman, Deutscher Wetterdienst, memperingatkan bahwa cuaca panas kemungkinan akan mulai terasa pada Senin besok dan mencapai puncak pada Rabu atau Kamis pekan depan.