Pesona Wisata Religi ke Makam KH. Muhammad Busthamil Karim

 
Pesona Wisata Religi ke Makam KH. Muhammad Busthamil Karim

Daftar Isi

  1. Profil
  2. Lokasi Makam
  3. Motivasi Ziarah Kubur Menurut Ulama
  4. Haul KH. Muhammad Busthamil Karim
  5. Peninggalan KH. Muhammad Busthamil Karim
  6. Oleh-Oleh
  7. Sumber

1. Profil
KH. Muhammad Busthamil Karim juga dikenal dengan panggilan Mbah Busthom merupakan seorang Ulama kharismatik penyebar agama Islam dan seorang Mursyid Tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah di Cilacap dan Lampung.

Beliau lahir pada tahun 1890 di Desa Wonosari, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Ayahnya bernama Sandikrama bin Dulah Siroj, sedang ibunya bernama Syartiyah. Perjalanan dalam mencari ilmu semasa remaja hingga beranjak dewasa beliau lakukan di beberapa pondok pesantren di Jawa Tengah, seperti Pesantren Kemanggungan Kroya Cilacap, Pesantren Bogangin Sumpiyuh Banyumas, Pesantren Parakan Canggah Purbalingga, serta berguru pada Kyai Busyro di Banjarnegara.

Kemudian KH. Muhammad Busthamil Karim melanjutkan pendidikannya dengan berguru kepada guru sufi kharismatik yang bernama KH. Husein Zamakhsyari di Desa Parid Kawunganten Cilacap, seorang Mursyid Thariqah Qadiriyah wa Naqsyabandiyah. KH. Husein Zamakhsyari inilah yang memberikan keteladanan sekaligus membentuk karakter laku sufi pada pribadi KH. Muhammad Busthamil Karim.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN