Solusi Flashdisk yang Tidak Terbaca di PC atau Laptop

 
Solusi Flashdisk yang Tidak Terbaca di PC atau Laptop

LADUNI.ID, Sebenarnya ada banyak cara yang dipakai oleh seseorang untuk memperbaiki flashdisk (fd) yang tidak terbaca oleh PC ataupun laptop kita. Namun disini kami akan menyajikan beberapa saja, diantaranya:

1. Kondisi Fisik 

Periksalah port USB dan konektor flashdisk yang kotor, bisa jadi hal itulah yang menjadi penyebab flashdiskmu tidak terbaca. Oleh karenanya, cek terlebih dahulu apakah perangkatmu sudah bersih atau belum.

Solusinya, bersihkan dengan kuas pembersih. Untuk bagian lempengan kuningannya, bersihkan dengan karet penghapus.

2. Driver USB

Bisa saja flashdisk sudah terhubung ke PC atau laptop, tapi belum berhasil terbaca. Coba kamu masuk ke Control Panel, pilih Device Manager >> Universal Serial Bus controllers. Lihat USB Mass Storage Device, jika ada tanda peringatan kuning maka dipastikan driver USB kamu bermasalah.

Solusinya, kamu bisa instal ulang lagi driver USB di perangkatmu. Caranya, cukup klik kanan di USB Mass Storage Device, klik Uninstall device, klik Uninstall pada pop-up peringatan lalu cabut flashdisk dan colokkan kembali. Coba juga restart PC atau komputermu.

3. Status Flashdisk dengan Command Prompt

Caranya, buka command prompt dengan mengklik logo Windows, lalu ketik command prompt. Jika sudah muncul jendela hitam, ketik perintah chkdsk G:, ubah huruf G dengan huruf yang sesuai dengan apa yang ditampilkan flashdisk pada PC atau laptop, misalnya F, D dan lainnya.

Tekan Enter. Kemudian, cek apa yang ditampilkan perintah command prompt tersebut. Kalau flashdiskmu bermasalah, akan ada pemberitahuan kalau Windows menemukan error, dan sebagainya.

4. Gunakan Computer Management

Jika ketiga cara diatas tidak berhasil, jangan kuatir, kita akan coba gunakan computer management. Buka aplikasi ini dengan mengetik di kolom pencarian "computer management" lalu tekan Enter. Pilih Disk Management, lalu klik kanan di nama flashdiskmu dan klik Change Drive Letter and Paths. Klik Change, lalu akan muncul pilihan Assign the following drive letter. Pilih huruf yang tersedia, di menu dropdown sebelah kanan. Klik OK.

Jika sudah berubah, klik kanan lagi pada nama flashdisk lalu klik Format. Isi nama flashdisk, jenis file system dan size. Setelah diformat, harusnya flashdiskmu bisa terbaca lagi. Tapi resikonya, isi flashdiskmu bakal terhapus.

Demikian semoga bermanfaat!