Mengupas Zikir Al-Qahhar

 
Mengupas Zikir Al-Qahhar

LADUNI. ID, KOLOM- Salah satu zikir Asmaul Husna bernama Al-Qahhar. Zikir ini secara bahasa berasal dari kata "qahara" yang berarti menundukkan untuk mencapai tujuan, mencegah lawan dari mencapai tujuan, serta merendahkannya.

Allah Al-Qahhar, artinya Allah Maha Menundukkan segala yang ada di alam ini. Allah-lah yang menundukkan matahari, bumi, dan planet lainnya. Semuanya beredar di garis edarnya masing-masing. Allah pula yang menundukkan laut sehingga manusia dapat berlayar.

Allah juga menundukkan orang-orang yang menentang-Nya dengan bukti-bukti keesaan-Nya, dan menaklukkan seluruh makhluk dengan mencabut nyawanya. Imam Al Ghazali berkata: “Al Qahhar ialah Dzat yang menimpakan bencana kepada musuh-musuh-Nya dengan kematian dan kehinaan; bahkan tidak ada yang maujud kecuali semuanya berada di bawah kekuasaan dan qudrat-Nya.

Dalil Zikir Al-Qahhar

Diantara ayat yang mengupas tentang zikir Al-Qahhar dalam Al-Qur ' an berbunyi: "Dialah Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan." [Q.S. Az-Zumar: 4]

Dalam ayat lain juga disebutkan dengan bunyi:

"Katakanlah (ya Muhammad), 'Sesungguhnya aku hanya seorang pemberi peringatan, dan sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah Yang Maha Esa dan Maha Mengalahkan." [Q.S. Shad: 65]