Amerika Serikat Akan jual 66 Jet F-16 ke Taiwan Meski Terima Kecaman dari China

 
Amerika Serikat Akan jual 66 Jet F-16 ke Taiwan Meski Terima Kecaman dari China

LADUNI.ID, Washington - Tak lama setelah perundingan kembali antara Washington dan Beijing mengenai peredaman perang dagang. Diketahui AS berencana untuk menjual 66 pesawat jet tempur F-16 terbaru ke Taiwan, meskipun tindakan ini mendapat protes dari China.  

Berdasarkan laporan pada Kamis (4/7/2019) kepada Foreign Policy yang diungkap oleh pejabat administrasi Trump bahwa, awal tahun ini, Taiwan secara resmi mengajukan permohonan pembelian 66 jet F-16 "Block 70", versi terbaru dari pesawat tempur Lockheed Martin. Akan tetapi, kesepakatan itu memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan untuk dituntaskan karena negosiasi harga dan konfigurasi pesawat. 

Sepeti diketahui, bahwa kesepakatan ini belum final. Karena Permintaan Taiwan tersebut harus dikonversi menjadi proposal resmi oleh Departemen Pertahanan dan Departemen Luar Negeri, dan kemudian secara resmi diberitahukan kepada Kongres. 

China mengklaim bahwa tindakan AS ini akan menjadi "garis merah" dimana Taiwan sebelumnya telah memiliki sekitar 140 jet F-16 "Block 20".

Sebelumnya, pada Maret lalu, Geng Shuang, juru bicara Kementerian Luar Negeri, mengatakan dengan tegas "Posisi China untuk secara tegas menentang penjualan senjata ke Taiwan dengan konsisten dan jelas."