HAM Suriah Temukan Ratusan Mayat Korban Kebengisan ISIS di Raqqa

 
HAM Suriah Temukan Ratusan Mayat Korban Kebengisan ISIS di Raqqa

LADUNI.ID, Pemantau HAM Suriah, Syrian Observatory for Human Rights dan seorang pejabat lokal, Yasser al-Khamees mengatakan bahwa jasad lima pria berpakaian jumpsuit berwarna oranye yang biasa dikenakan para sandera ISIS, juga ditemukan di kuburan massal itu.

Kurang lebih 200 jasad telah ditemukan dalam kuburan massal di dekat kota Raqqa, Suriah. Jasad-jasad tersebut termasuk mereka yang diyakini telah dieksekusi mati oleh kelompok radikal ISIS.

"Mereka dibelenggu dan ditembak di kepala," tutur Khamees pada Rabu (3/7/2019).

Dikatakannya, mereka diyakini telah dibunuh lebih dari dua tahun lalu. Khamees mengatakan bahwa timnya belum bisa mengidentifikasi jasad-jasad tersebut. 

Kuburan massal itu juga berisi jasad tiga perempuan yang diyakini telah dihukum rajam hingga tewas. "Tengkorak mereka retak parah dan menunjukkan tanda-tanda dirajam," kata pejabat lokal tersebut.

Tim penggalian yang dipimpin Khamees pertama kali menemukan kuburan massal itu awal bulan lalu di pinggiran selatan Raqa yang pernah menjadi ibu kota kekhalifahan ISIS di Suriah. Menurut Khamees, kemungkinan total 800 orang telah dikuburkan di lokasi tersebut.

Sebelumnya pada Februari lalu, sebuah tim penggalian menemukan kuburan massal yang berisi sekitar 3.500 jasad di pinggiran Al-Fukheikha di Raqa. Temuan itu menjadi temuan kuburan massal terbesar di Suriah hingga saat ini.

Sejumlah kuburan massal lainnya juga telah ditemukan di sekitar kota Raqa, termasuk sebuah kuburan massal di kawasan yang dikenal sebagai "Panorama". Di kawasan tersebut, lebih dari 900 jasad telah ditemukan.