Pesantren Darul Musthofa Tarim Hadramaut Yaman

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Pesantren Darul Musthofa Tarim Hadramaut Yaman
Sumber Gambar: Foto (ist)

LADUNI.ID Jakarta - Darul Musthofa adalah sebuah Lembaga pendidikan yang ada di Tarim Hadramaut Yaman yang diasuh oleh Al-Habib Umar bin Hafidz. Sebagaimana diketahui, Al-Habib Umar bin Hafidz merupakan ulama Yaman, yang menyebarkan dakwah Islam Ahlussunnah wal Jamaah dan menganut mazhab Syafi’i ke penjuru dunia.

Baca Juga: Pesantren Minhajut Thullab Glenmore Banyuwangi

Latar belakang berdirinya Pesantren Darul Musthofa adalah, lantaran banyak pelajar yang datang dari berbagai negara untuk belajar ilmu agama kepada Al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafiz di kota Tarim. Darul Musthofa merupakan tempat berkumpul dan bertemunya pelajar dunia. Di beberapa sumber disebutkan, bahwa pelajar yang pertama kali datang dan mengaji di Darul Musthofa adalah pelajar dari Indonesia yaitu sekitar tahun 1416 H atau 1996 dengan jumlah pelajar sekitar 30 orang.

Baca Juga: Pesantren Tahafudhul Qur'an Miftahul Huda

Darul Musthofa didirikan oleh Al-Habib Ali Masyhur Bin Muhammad Bin Hafidz dan Habib Umar bin Muhammad tepatnya pada Syawal 1410 H atau tahun 1990. Peresmian gedungnya melalui dua tahap. Pertama yaitu pada bulan Zulhijjah 1411 atau 1991 dan kedua di tahun 1997.

Tujuan didirikanya Darul Musthofa adalah untuk mencetak para ulama dan dai yang berasaskan pada ilmu agama dan beradab dengan adab kenabian serta mampu memikul beban umat untuk mengajak ke jalan Allah SWT dan dapat membawa umat dari kebodohan dan kegelapan kepada cahaya keilmuan serta menguatkan keimanan umat agar tetap berpegang teguh kepada ajaran ajaran Rasulullah SAW.

Baca Juga: Pesantren Manbaul Huda Tuban

Metode pengajar yang diterapkan di Darul Musthofa adalah model Halaqoh, dan ketika para santri sudah bisa menyelesaikan kitab-kitab tersebut akan diberikan pilihan untuk memilih jurusan bidang kajian yang diinginkan. Di Darul Musthofa sendiri ada lima jurusan yaitu:

1.            Al-Quran dan Ilmu Al Quran

2.            Hadis dan Ilmu Hadis

3.            Sirah

4.            Lughah Arabiah

5.            Fiqh dan Usul Fiqh

Darul Musthofa sendiri merupakan satu dari tiga Institusi yang banyak diminati oleh para pelajar dunia tidak hanya pelajar dari Indonesia, selain Universitas Al Ahgaff dan Rubath Tarim. (Latif)

Baca Juga: Pesantren Cendekia Amanah Depok

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.