Waspadai Terjadinya Gempa Susulan Pasca Gempa 7,1 SR di California

 
Waspadai Terjadinya Gempa Susulan Pasca Gempa 7,1 SR di California

LADUNI. ID, AMERIKA - Pasca gempa yang melanda wilayah California, dikabarkan oleh pihak yang berwenang setempat bahwa di wilayah tersebut masyarakat harus bersiap untuk menghadapai gempa susulan yang berpotensi berbahaya setelah wilayah itu digoyang gempa berkekuatan 7,1 skala Richter.

Gempa berkekuatan dahsyat itu mengguncang wilayah Ridgecrest, kota Gurun Mojave di selatan Taman Nasional Death Valley, saat kegelapan turun pada Jumat malam. Gempa menyentak daerah itu dengan kekuatan delapan kali lebih besar daripada gempa 6,4 skala Richter yang melanda wilayah yang sama 34 jam sebelumnya.

Gubernur California Gavin Newsom meminta bantuan federal dan menempatkan Kantor Layanan Darurat (OES) negara bagian dalam siaga tertinggi.

"Kami memiliki laporan signifikan kebakaran, kebakaran struktural, sebagian besar sebagai akibat kebocoran gas atau kerusakan saluran gas," Direktur OES Mark Ghilarducci mengatakan pada konferensi pers larut malam pada hari Jumat seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (6/7/2019).

Guncangan hebat juga menyebabkan kerusakan utama pada saluran air dan merobohkan tiang listrik serta memutus komunikasi ke beberapa bagian Ridgecrest, sebuah kota berpenduduk sekitar 27.000 yang terletak sekitar 202 kilometer timur laut Los Angeles.

Pihak kepolisian mengatakan tidak ada korban jiwa atau cedera serius yang dilaporkan akibat gempa. Namun Ghilarducci mengatakan kerusakan sepenuhnya tidak akan diketahui sebelum fajar pada hari Sabtu..