Malware BianLian Menjadi Ancaman Serius bagi Pengguna Android

 
Malware BianLian Menjadi Ancaman Serius bagi Pengguna Android

LADUNI.ID, Jakarta - Baru-baru ini sebuah malware kembali menjadi ancaman serius bagi keamanan pengguna android. Diketahui malware yang bernama BianLian ini sudah pernah ada sebelumnya, namun sekarang tingkat kemampuannya sudah lebih besar.

Seperti dilansir dari ZDNet, Sabtu (6/7/2019), malware bernama BianLian ini sebelumnya pernah diketahui pada Oktober tahun lalu oleh peneliti keamanan siber ThreatFabric, dan pelaku kriminal di balik BianLian telah mengubah taktiknya menjadi lebih kuat.

Sebelumnya malware ini hanya dapat membaca, mengirim, menerim pesan teks, memantau dan membuat panggilan serta memiliki kemampuan untuk mengunci layar pengguna. Akan tetapi, kini dalam versi terbarunya ia mampu merekam, memantau aktivitas dan menyimpan informasi yang dibuat oleh pengguna android. Kemampuan tersebut tentunya membuat penyerang dapat dengan mudah mencuri informasi pengguna, mulai dari username, password, dan informasi lain yang bersifat rahasia.

Disamping itu, para peneliti dari Fortinet mengungkapkan bahwa, BianLian merupakan malware yang menyasar pengguna dengan akun perbankan di smartphonenya.  Malware ini ternyata selalu mendapatkan pembaruan rutin dan masih aktif hingga saat ini. Oleh karena demikian, untuk mehindari malware ini sebaiknya pengguna Android lebih berhati-hati ketika memasang aplikasi.