CEO Norwegian Air Bjoern Kjos Mengundurkan Diri

 
CEO Norwegian Air Bjoern Kjos Mengundurkan Diri

LADUNI. ID, Salah satu maskapai penerbangan asal Eropa yang bernama Norwegia Air dikabarkan mengalami kerugian besar dan dililit hutang akhirnya Chief Executive Officer (CEO) Norwegian Air Bjoern Kjos mundur dari maskapai bertarif murah yang turut dia dirikan.

Kjos merupakan mantan pilot jet tempur yang membantu membesarkan maskapai kecil asal Norwegia yang awalnya berlokasi di pinggir bandara Oslo dan kini menjadi maskapai terbesar ketiga di Eropa berdasarkan jumlah penumpangnya.

“Saya yakin Dewan Direktur akan menemukan pengganti dengan kualifikasi terbaik untuk memimpin bababk selanjutnya kisah Norwegian bersama tim puncak manajemen,” tutur Kjos, 72, dalam pernyataannya dilansir kantor berita Reuters.

Ditambahkan Maskapai itu telah mengguncang pasar penerbangan jarak jauh dengan memangkas tarif untuk perjalanan lintas atlantik. Meski demikian, ekspansi yang terlalu cepat mengakibatkan maskapai itu rugi besar dan terlilit utang serta harus mengumpulkan dana USD350 juta dari para pemegang saham awal tahun ini.

Selanjutnya, disebutkan bahwa Maskapai itu juga memperkirakan operasional 18 pesawat Boeing 737 MAX yang sedang dinonaktifkan dapat kembali beroperasi pada Oktober mendatang.

Informasi yang dihimpun sosok maskapai penerbangan Norwegian Air itu merupakan maskapai bertarif murah terbesar di Norwegia. Perusahaan itu di posisi ketiga terbesar untuk maskapai bertarif murah di Eropa setelah easyJet dan Ryanair. Selain itu, Norwegian Air merupakan maskapai bertarif murah terbesar kesembilan di dunia dan maskapai terbesar di Skandinavia.