Perang Dagang AS-China Memanas, Harga Emas Dunia Ikut Meningkat

 
Perang Dagang AS-China Memanas, Harga Emas Dunia Ikut Meningkat

LADUNI.ID, Washington,D.C - Pada Jumat (12/7) hari ini diketahui harga emas dunia meningkat, hal ini sebagaimana dikutip dari Reuters. Kenaikan ini salah satunya juga dipuci oleh perang dagang antara AS dan China yang semakin memanas. Trump mengklaim bahwa China tidak memenuhi janjinya untuk membeli produk pertanian Amerika Serikat.   
 
Sementara itu, adanya penurunan suku bunga juga mengakibatkan permintaan emas global semakin meningkat, hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Gubernur The Fed Jerome Powell. Di pasar spot, kenaikan harga emas  sebesar 0,4 persen yakni menjadi US$1.408,62 per onse. Sedangkan emas berjangka AS mengalami kenaikan sebesar 0,2 persen menjadi US$1.410 per ons.

Sedangkan, harga emas PT Aneka Tambang Tbk mengalami penurunan dari posisi Rp711 ribu per gram pada Kamis (11/7) menjadi Rp701 ribu per gram pada Jumat (12/7). Bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), harga emas Antam tersebut termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen. Sementara itu, potongan pajak lebih tinggi sebesar 0,9 persen dikenakan bagi mereka yang tidak menyertakan NPWP.