Presiden Iran: Bermacam Rencana Amerika Serikat Jatuhkan Iran Telah Gagal

 
Presiden Iran: Bermacam Rencana Amerika Serikat Jatuhkan Iran Telah Gagal

LADUNI. ID, TEHERAN Bermacam usaha dan rencana  Amerika Serikat (AS) untuk menjatuhkan Iran telah menemui kegagalan, termasuk sanksi bertubi-tubi yang dijatuhkan AS terhadap Iran.

"Sudah 14 bulan bahwa kekuatan ekonomi dan militer terbesar di dunia telah menjatuhkan sanksi paling keras terhadap bangsa Iran, sanksi yang akan menjatuhkan negara lain," kata Presiden Iran, Hassan Rouhani  dalam sebuah pernyataan.

"Tetapi negara Iran yang heroik, waspada, dan resisten telah dengan kuat menahan sanksi-sanksi itu selama periode ini. Apa pun jalan yang ditempuh AS, baik itu sosial, politik, dan hukum, telah gagal," sambungnya, seperti dilansir PressTV pada Minggu (14/7).

Presiden itu mencotohkan pertemuan antara PBB dan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) baru-baru ini, di mana AS gagal memajukan agendanya melawan Iran. Pertemuan itu digelar atas permintaan Washington ntuk menimbang pelanggaran Teheran atas kesepakatan nuklir.

Dalam pertemuan itu, Washington menuduh Iran melakukan pemerasan setelah perlahan-lahan melewati batas kesepakatan nuklir pada tingkat pengayaan uranian selama seminggu terakhir