Bu Nyai Nusantara, Teguhkan Peran Untuk NKRI

 
Bu Nyai Nusantara, Teguhkan Peran Untuk NKRI

LADUNI.ID - Selama dua hari tanggal 13-14 Juli 2019, Bu Nyai Nusantara melakukan perselatan akbar bertajuk Silaturrahim Nasional (Silatnas) di Hotel Fairfield Surabaya yang diinisiasi oleh PW RMI Jawa Timur. Silatnas Bu Nyai Nusantara ini menarik di tengah kondisi bangsa membutuhkan peran strategis semua elemen bangsa, khususnya dari komunitas perempuan untuk merespon dan ikut andil memberikan solusi terhadap problem kekinian menyikapi isu-isu keagamaan dan kebangsaan.

Lantas muncul pertanyaan, mengapa harus Bu Nyai mengadakan Silatnas?. Sebelum menjawab ini, perlu diketahui istilah Bu Nyai adalah istilah khas perempuan Muslimah yang berkontribusi dalam ranah dakwah, bisa jadi beliau-beliau adalah pemangku pesantren, muballighah atau perempuan kampung yang berjasa mengawal pendidikan al-Quran dan pengajaran ajaran Islam di bilik-bilik mushalla, langgar atau surau sebagian menyebutnya. Karenanya, makna ini tidak ada kaitannya hanya soal seksualitas sebagaimana zaman kolonial Hindia Belanda mengartikan konotasi Nyai dengan arti gundik, selir, atau wanita piaraan para pejabat dan serdadu Belanda.

Dari pemahaman khas ini, maka posisi Bu Nyai sangat strategis untuk menjadi jalan penghubung dalam ikut serta berkontribusi secara nyata atas problem kekinian bangsa. Dikatakan strategis sebab kalangan Bu Nyai adalah kelompok perempuan yang telah tercerdaskan dalam membaca sosialnya, bahkan memiliki kemampuan mengorganisir masyarakatnya sebagaimana terjadi dalam forum-forum perempuan, misalnya majelis muslimatan atau majelis dzikir dan shoalawatan.

Dengan begitu, Silatnas Bu Nyai Nusantara ini menjadi sangat penting agar para Bu Nyai yang selama ini bergerak sendiri-sendiri dalam komunitasnya atas dasar berdakwah terpanggil untuk memperkuat koneksi gerakan yang masif dan dalam satu cita-cita luhur menguatkan ideologi, khususnya ikut mengkampanyekan moderasi Islam ala Aswaja al-Nahdliyah dan meneguhkan kembali semangat kebangsaan di tengah serangan ideologi trans-nasional.

Filosofi pijakannya, bahwa kebenaran yang tidak terorganisir akan dikalahkan oleh kebatilan yang tidak terorganisir. Jadi, para Bu Nyai tidak bisa kemudian merasa bangga dengan capaian dakwahnya selama ini, jika masih berjalan sendiri-sendiri. Komunitas Bu Nyai harus terkoneksi se-Nusantara sehingga mampu bergerak cepat secara bersama dalam merespon kondisi kekinian dengan cara dan kecerdasan yang terstruktur untuk membumikan prinsip-pripsip dakwah moderat.

Peran Strategis di Era Medsos

Sudah tidak perlu diperdebatkan lagi bahwa keterlibatan perempuan dalam ruang sosial, sepanjang dalam rangka amal sholeh, adalah sangat penting dan sangat dibutuhkan. Bahkan kadar kesholehan perempuan sebagai pembuktian perannya dalam konteks tertentu tidak bisa hanya dilihat dari jenis kelamin sebab tidak berbanding dengan laki-laki biasa. Karenanya, dalam satu kesempatam imam Jakfar Shodiq mengatakan: 
المرأةُ الصالحةُ خيرٌ من ألفِ رجلٍ غير صالحٍ.

Artinya: "Perempuan sholehah lebih baik dari seribu laki-laki yang tidak sholeh"

Pernyataan di atas sangat beralasan sebab perempuan sholehah adalah individu Muslimah yang cerah dan mencerahkan kepada orang lain. Karenanya, sekali lagi perhelatan Silatnas Bu Nyai adalah perhelatan penuh makna bagi perempuan-perempuan Sholehah. Makna yang dimaksud bukan saja merembes untuk kemaslahatan perempuan sendiri tapi juga bagi semua elemen anak bangsa tanpa batasan jenis kelamin.

Banyak isu-isu penting dalam konteks kebangsaan yang memerlukan kehadiran Bu Nyai secara masif, misalnya isu kemiskinan, pendidikan, dan radikalisme atau terorisme. Kongkritnya, sebut saja upaya deradikalisasi perlu melibatkan Bu Nyai sebab korban radikalisme tidak sedikit dari kalangan anak-anak dan perempuan. Dan para Bu Nyai memiliki banyak waktu bertemu bersama mereka dalam berbagai forum.

Melalui tulisan ini, penulis ingin memberikan tawaran bahwa andil strategis Bu Nyai dalam ruang sosial setidaknya bisa dilakukan dalam dua model tindakan atas dakwah. Pertama, perlunya Bu Nyai membuka diri bekerjasama dengan kelompok lain untuk ikut andil memecahkan persoalan dan mengurai penyebab dari munculnya radikalisme dengan menjadikan konten Islam moderasi sebagai pintu masuk dan spirit nilai pergerakan; baik dalam berdakwah atau bertemu dengan masyarakat dalam ruang-ruang majelis taklim atau dzikir, sekaligus dalam rangka memberikan pengajaran Islam.

Bu Nyai tidak cukup bergerak sendiri, tapi harus membuka diri menerima pihak lain yang se-ide dan seperjuangan, termasuk dari kalangan laki-laki untuk mendiskusikan dan menemukan solusi atas setiap persoalan keagamaan dan kebangsaan. Betapapun, perempuan adalah saudara kembar laki-laki tegas Nabi Muhammad SAW, yang redaksi potongan hadithnya berbunyi:
إنَّمَا النِّسَاءُ شَقَائِقُ الرِّجالِ

Artinya: "Sesungguhnya perempuan adalah saudara kembar laki-laki."

Kedua, para Bu Nyai harus memanfaatkan media kekinian sebagai sarana dakwah dengan prinsip tetap menjaga model lama yang berhadapan langsung dengan audiens. Pastinya, dengan melibatkan tim kreatif millenial seideologis dalam rangka menyebarkan konten atau program nyata berbasis nilai Islam moderat dan cinta bangsa.

Cara ini dipandang sangat efektif sehingga dakwah para Bu Nyai dinikmati secara luas sehingga menjadi penegas bertarung secara ideologis dengan konten-konten radikal, yang terus menyebar di medsos setiap saat. Padahal penyebaran radikalisme di medsos lambat tapi pasti meracuni nalar dan tindakan penikmatnya, termasuk kalangan Perempuan.

Termasuk dari itu, peran Bu Nyai layak ikut ambil peran membendung maraknya hoak, apalagi faktanya mengutip Anita Wahid - selaku Dewan Penasehat Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) mengatakan bahwa perempuan banyak yang terpapar hoak dalam banyak isu. Tak jarang ikut menyebarkan hoak akibat psikologi dan emosinya gampang labil menerima informasi, 27/3/2019.

Oleh karenanya, momentum Silatnas Bu Nyai patut dijadikan titik pijak awal menyatukan energi kaum perempuan Nahdliyin untuk berkontribusi bagi NKRI. Harapannya, semoga forum ini melahirkan rekomendasi populis dan strategis untuk menghadirkan kemaslahatan bagi agama dan bangsa sebab forum ini bagian dari upaya luhur sebagaimana termaktub dalam spirit syair berikut ini: 
الأُمُّ مَدرَسَةٌ إِذا أَعدَدتَها # أَعدَدتَ شَعباً طَيِّبَ الأَعراقِ

Artinya: "Ibu laksana madrasah. Jika anda menyiapkannya, maka sejatinya anda turut serta menyiapkan generasi yang berkarakter"

Akhirnya, sekali lagi, semoga para Bu Nyai kuat dan istiqamah dalam garis perjuangan Islam Ahl al-Jannah wa al-Jama'ah sesuai dengan peran dan tanggung-jawabnya. Amin.

Oleh: Dr Wasid Mansyur