Pesantren Darul Qur'an Cimalaka Sumedang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Darul Qur'an Cimalaka Sumedang

Profil

KHR. Zainal Muttaqien bin K.H.R.Muhammad Ilyas pada tahun 1985 mendirikan Pondok Pesantren yang bernama “Darul Qur’an”. Tepatnya terletak di Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Berdirinya Pondok Pesantren Darul Qur’an ini menempuh perjalanan dan perjuangan yang sangat berliku-liku dan proses yang panjang sealur dengan langkah kehidupan Kyai pendiri dan sekaligus pengasuh Pondok Pesantren tersebut. Karena bermula dari sekedar mengajar santri di rumah Kyai kemudian mendirikan madrasah yang hanya berukuran 12 x 16 m2 hingga sampai akhir hayatnya (9 Desember 1998) beliau meninggalkan dan mengembangkan dua cabang Pondok Pesantren lainnya yaitu Pondok Pesantren Darul Qur’an II kecamatan Paseh dan Pondok Darul Qur’an III (Darussalam) Citimun Cimalaka.

Pada saat ini sepeninggalnya almarhum K.H.R. Zainal Muttaqien, Pondok Pesantren Darul Qur’an dipimpin oleh Generasi penerusnya yang merupakan menantu dari almarhum pendiri Pondok Pesantren tersebut yaitu Drs. K.H Cecep Parhan Mubarok, M.H yang juga beliau berkarier sebagai Hakim pada peradilan Agama.

Dalam perkembangannya Pondok Pesantren Darul Qur’an disamping menampilkan kekhasannya yakni dalam bidang Qiro’ah dan ilmu-ilmu al-Qur’an dimana para santrinya telah banyak berprestasi di tingkat Nasional terutama dalam bidang fahmil Qur’an, tilawah Qur’an, hifdzil Qur’an, serta tafsiril Qur’an. Juga banyak mendalami pengajian kitab- kitab kuning sebagaimana layaknya pondok pesantren salafiyah baik dengan metode bandongan maupun sorogan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.