Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Mutlak

 
Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Mutlak

LADUNI.ID,  Salat sunah mutlak adalah salat sunah yang dilakukan tanpa terikat waktu tertentu atau sebab kejadian tertentu. Ini adalah salat yang bisa dikerjakan sebanyak apapun oleh umat muslim.

Dalam fiqih, secara umum salat dibagi dua; pertama muqayyad dan kedua mutlak. Yang dimaksud salat sunah muqayyad adalah salat sunah yang dianjurkan untuk dilakukan pada waktu tertentu atau sebab kejadian tertentu. Misalnya, salat Duha dianjurkan dilakukan pada waktu Duha, atau salat Kusuf karena sebab terjadinya gerhana.

Berdasarkan penjelasan tadi, salat sunah mutlak boleh dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu waktu tertentu dan sebab kejadian tertentu dengan tanpa batasan jumlah rakaat, selama bukan waktu-waktu terlarang salat.

Berbeda dengan shalat fardhu yang sifatnya ketat, yakni telah ditetapkan waktu, jumlah rakaat, serta berbagai macam persyaratannya, pada shalat sunnah ada sebuah shalat yang tidak memiliki keketatan semacam itu, namun memiliki banyak keleluasaan, yakni shalat sunnah mutlak.

Secara definitif, shalat sunnah mutlak ini dimaknai sebagai shalat sunnah yang dapat dilakukan tanpa memerlukan sebab tertentu dan kapan saja bisa dilakukan kecuali pada waktu-waktu tertentu yang dilarang untuk dikerjakannya. Waktu-waktu tersebut ialah:

  1. Sesudah shalat shubuh
  2. Ketika matahari terbit hingga naik sepenggalah
  3. Saat matahari tepat dipuncaknya (zenith), hingga ia mulai condong

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN