Pesantren DDI Mangkoso, Kab Barru, Sulsel

Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren DDI Mangkoso, Kab Barru, Sulsel

Profil

Haji Muhammad Yusuf Andi Dagong diangkat menjadi arun (di Swapraja Soppeng Riaja salah satu kecamatan dalam wilayah Kabupaten Barru Sulawesi-Selatan). Tiga tahun kemudian beliau mendirikan tiga buah masjid dalam wilayah kekuasaannya, salah satu berada di Mangkoso sebagai wilayah ibukota kerajaan.

Namun masjid tersebut tidak pernah berisi jama'ah karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap ajaran Islam, untuk mencari solusi diadakan pertemuan di Swapraja, Mangkoso. Pertemuan itu menyepakati untuk membuka lembaga pendidikan dengan meminta anregurutta H. Muhammad As'ad seorang ulama memimpin yang memimpin madrasah/pesantren MAI di Sengkang Wajo, agar mengirim seorang muridnya yaitu, gurutta H. Abdurrahman Ambo Dalle untuk mengelola lembaga pendidikan (bugis-angajiang) yang akan di buka di Mangkoso.

Tanggal 29 syawal 1357 H. atau bertepatan 21 Desember 1938, Anregurutta H. Abdurrahman Ambo Dalle, resmi membuka pesantren di Mesjid Jami’ Mangkoso dengan sistem Halaqah, (Bugis: Manggaji tudang) kemudian pada tanggal 20 dzulqaidah 1357 H. atau Januari 1939 dibuka tingkatan Tahdiriyah, Ibtidaiyah ,dan Madrasah Tsanawiyah. Pesantren tesebut diberi nama Madrasah Arabiyah Islamiyah (MAI) Mangkoso. Dalam perkembangannya MAI membuka berbagai cabang daerah misalnya, di Pangkep, Soppeng, Wajo, Sidrap, Majene, dan berbagai daerah lainnya.

Tahun 1947, berdasarkan pertemuan Alim ulama/kadhi Sulawesi Selatan serta guru-guru MAI. tanggal 16 Rabiul Awal 1366 atau 7 Pebruari, nama nama Madrasah Arabiyah Islamiyah MAI Mangkoso dan cabang-cabangnya diubah menjadi (Darud da'wah wal-irsyad) DDI, sebagai organisasi da'wah dan sosial kemasyarakatan yang berpusat di Mangkoso.

Dua tahun kamudian atas permintaan arung mallusetasi yang memintanya menjadi Kadhi Pare-pare, Anregurutta H. Abdurrahman Ambo Dalle, pindah di Pare-pare dan menunjuk ( Anregurutta H. Muhammad Amberi Said.) sebagai penggantinya memimpin pesantren DDI mangkoso.

Tanggal 1 Muharram 1369 H. Anregurutta H. Abdurrahman Ambo Dalle selaku ketua umum DDI Memindahkan pengurus pusat DDI dari Mangkoso ke Pare-pare sementara Pondok Pesantren DDI Mangkoso di beri cabang status otonomi dengan kewenangan penuh mengatur dan mengelola pesantren, namun secara organisasi tetap berada di bawah struktur PP-DDI.

Sejak itu DDI berkembang pesat dan mengelola puluhan pesantren ratusan madrasah yang tersebar berbagai Propinsi, khususnya di wilayah Indonesia Timur. Atas kesepakatan para tokoh pendiri DDI, tanggal 17 Ramadhan 1424 H. ditambahkan namanya Anregurutta H.Abdurrahman Ambo Dalle di belakang nama DDI, sehingga menjadi nama (DDI Abdurrahman Ambo Dalle).

DDI-AD penambahan nama tersebut, selain untuk mengenang dan mengabadikan nama Anregurutta H. Abdurrahman Ambo Dalle sebagai pendiri utama, juga di maksudkan untuk melestarikan nilai/budaya serta dasar perjuangan beliau dalam membangun dan mengembangkan DDI hingga menjadi organisasi islam terbesar di Indonesia timur.

 

Pengasuh

  1. Ag. H.Abdurrahman Ambo Dalle. (periode 1938-1949)
  2. Ag .H. Muh Ambri Zaid (periode 1943-1985)
  3. Ag. H. M.Faried wajdy M.A. (periode 1985-sekarang)
     

Pendidikan

Sistem pendidikan di pondok pesantren DDI Mangkoso adalah memadukan antara sistem pendidikan salafiyah( tradisional)dengan sistem khalafiyah(modern)untuk itu kurikulum yang diadukan pendidikan pesantren sama dengan kurikulum nasional (departemen agama) serta menambah berbagai kegiatan keterampilan (ekstrakurikuler).

Pendidikan Formal
  1. RA
  2. MI
  3. MTS putra
  4. MA Putra
  5. MTs Putri
  6. MA Putri
  7. Ma'had Aly
  8. STAI

Pendidikan Non Formal

1. Madrasah Diniyah
2. Rumah Tahfidzil Qur'an
3. Tahassus Pendalaman  Kitab Kuning

Ekstrakurikuler

 

 

1. Tahsin dan Tahfidz
2. Tahassus Kitab Salafy        
3. Seni Baca Alquran
4. Khitobah 3 Bahasa
5. Hadroh
6. Praktek Ubudiyah
7. Pramuka
8. Beladiri
9. English Club
10. Komputer
11. Futsal
12. Volly
13. Basket
14. Tenis meja
15. PMR
16. Paskibra


Fasilitas
 

 

  1. Kampus I seluas 2,5 HA,untuk tingkatan R.A, Ibtidaiyah, SMP salafiyah plus, MA'HAD Aly
  2. Sedangkan Kampus II seluas 17 ha.untuk tingkatan Tsanawiyah dan Aliyah putra
  3. kampus III seluas 24 ha/untuk tingkatan tsanawiyah dan aliyah putri
  4. Asrama santri putra terbanyak16 unit
  5. Asrama putri 10 unit
  6. Gedung Belajar sebanyak 56 unit
  7. Masjid 3 buah
  8. Laboratourium bahasa 4 unit
  9. Laboratourium IPA 1 unit
  10. Laboratourium Macroteaching 1 unit
  11. Laboratourium Komputer 5 unit
  12. Perpustakaan 5 unit
  13. Serta Sarana Olahraga dan Keterampilan.


 

Alamat

Jln. Raya Agh.Abdurrahman Ambo Dalle Mangkoso, Soppeng Riaja, Barru

Telepon: 0427-2324095

Kode Pos : 90752


 

 
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id