Mbah Maimun Zubair Sungguh Sangat Cinta Tanah Air

 
Mbah Maimun Zubair Sungguh Sangat Cinta Tanah Air

LADUNI.ID, Jakarta - Sekitar tahun 2015 lalu, pada acara Muktamar Nahdlatul Ulama ke-33 di Jombang, Jawa Timur, Kiai Maimoen Zubair atau Mbah Maimun hadir dengan menggunakan kursi roda. Waktu itu, Mbah Maimoen yang sudah berusia 86 tahun sedang dalam kondisi sakit.

Pada sesi pembukaan acara Muktamar, tiba saatnya menyanyikan lagu Indonesia Raya. Mbah Maimun yang saat itu sedang menggunakan kursi roda, kemudian meminta berdiri dan memaksakan berdiri untuk menghormati acara tersebut.

Meski dalam kondisi sakit, Mbah Maimun yang saat itu menggunakan jas putih tetap berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya, dengan tongkat berjalan tetap melekat di tangan Mbah Maimun. Hal ini seperti yang terlihat pada foto. Siapa yang tidak terdetak hatinya melihat foto tersebut.

"Mau menangis melihat Kyai Maimoen Zubair yang berkursi roda memaksa berdiri untuk menyanyikan Indonesia Raya," demikian keterangan foto itu di akun Twitter milik Alissa, @alissawahid, empat tahun yang lalu seperti dilansir dari laman Tempo.

Sebuah tanda kecintaan Mbah Maimun yang amat sangat kepada Indonesia. Mbah Maimun benar-benar sangat cinta pada Tanah Air. Bersama dengan ulama sepuh lain seperti KH M Tolchah Hasan, KH Nawawi Abdul Djalil, dan lainnya, Mbah Maimun terlihat terbantu dengan tongkat yang dibawanya dalam menggerakkan badannya untuk berdiri.

"Mbah Moen sudah uzur, tak harus berdiri. Tapi demi hormatnya pada bangsa, pada lagu Indonesia Raya, beliau berdiri," terang Alissa. "Itu bedanya Mbah Moen, kyai Islam Nusantara, dengan mereka yang lahir di Indonesia, tapi haramkan hormat bangsa," tambahnya.

Kini kiai besar, ulama NU, dan panutan semua anak bangsa Indonesia, KH Maimun Zubair telah wafat di hari Selasa (6/8) kemarin. Beliau memang telah wafat secara ragawi, tetapi akan tetap hidup dalam hati santri-santri Indonesia, kiai-kiai Nusantara, dan seluruh generasi untuk Indonesia Raya.