KH Ma’ruf Amin: Tidak Hanya Khilafah, Negara Republik Juga Islami

 
KH Ma’ruf Amin: Tidak Hanya Khilafah, Negara Republik Juga Islami

LADUNI.ID, Bali - Ketua Dewan Syuro pertama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih KH.Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa tidak hanya khilafah yang diterima di dunia Islam. Menurutnya, Negara berbentuk kerajaan, keamiran dan republik juga Islami.

"Mesir itu juga republik, kurang apa ulama di Mesir. Republik Islam Pakistan, Republik Turki. Artinya di dunia Islam republik juga diterima," terang Kiai Ma’ruf Amin di The Westin Hotel, Nusa Dua, Bali, pada Rabu (21/8) lalu.

Kiai Ma’ruf Amin juga berpesan supaya PKB bisa menjadi partai terdepan dalam melawan intoleransi, radikalisme, dan khilafah di Indonesia. Sebagai partai yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama, PKB harus aktif menjaga NKRI dari perpecahan, baik yang dipicu oleh kesukuan, kedaerahan, atau paham-paham yang bertentangan dengan dasar negara.

"PKB harus ada di depan untuk menangkal berkembangnya paham-paham radikalisme, intoleransi, maupun paham khilafah," ujar Kiai Ma’ruf Amin.

Lebih dari itu, Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ini juga berpendapat bahwa khilafah ini harus ditangkal lantaran tak sesuai dengan kesepakatan para pendiri bangsa. Dia menegaskan paham dan gerakan ini harus dilawan lantaran mengancam NKRI dan Pancasila.

“Menurut saya khilafah itu Islami, karena dulu pernah ada khilafah-khilafah yang diterima pada waktu itu oleh para ulama," pungkasnya.