Ziarah di Makam KH. Abbas Hasan Munadi, Muasis Pesantren Al-Azhar Tugung Banyuwangi

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Abbas Hasan Munadi, Muasis Pesantren Al-Azhar Tugung Banyuwangi

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Nama KHR. Abbas Hasan Munadi atau biasa dikenal dengan nama Mbah Abbas adalah pengasuh kedua Pesantren Tugung, Sempu, Banyuwangi. Pada masa kepemimpinannya, pesantren peninggalan mertuanya itu ia beri nama Al-Azhar. Konon, nama ini tafaulan dengan nama universitas Islam ternama di Kairo, Mesir.

Profil

KH.R. Abbas Hasan Munadi lahir di Yogyakarta pada Tahun 1865. Ayahnya bernama Kanjeng Susuhunan Prabu Amungkurat yang merupakan keturunan keraton Yogyakarta. Ibunya bernama Nyai Hj.Khodijah. Kiai Abbas Hasan Munadi merupakan anak ke delapan.

Guru-Guru Beliau
1. KH. Munawwir
2. KH. Fatah
3. KH. Kholil Bangkalan
4. Syeikh Ismail

 

Lokasi Makam

KH.R. Abbas Hasan Munadi wafat pada tahun1988, makam beliau berada di Komplek pemakaman pesantren Al-Azhar Tugung, Sempu, Banyuwangi.

Haul

Haul KH.R. Abbas Hasan Munadi diadakan setiap tahun sekali di pesantren Al-Azhar, Tugung, Banyuwangi. Haul beliau diperingati pada bulan Dzulqa'dah untuk tanggal haul akan diberitahukan pihak keluarga besar pesantren Bendo kediri.

 

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam KH. Abbas Hasan banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Banyuwangi saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek pemakaman di Komplek Pemakaman pesantren Al Azhar Tugung, Sempu, Banyuwangi.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam KH. Abbas Hasan, dimudahkan dalam mencapai cita-citanya, dimudahkan dalam mencari ilmu, dan dimudahkan dalam mencari jodoh, dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak sholeh dan sholehah

Peninggalan

Pendiri Pondok Pesantren Al-Azhar Dusun Tugung, Kecamatan Sempu Banyuwangi.

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Banyuwangi di antaranya:
Kue Ladrang, Sale pisang, Batik Banyuwangi, Bolu kuwuk, Kue Bagiak, Kue tambang, Rengginang, Pia Glenmore, Sego tempong, Rujak soto.