Mengurai Pandangan Imam Al-Ghazali tentang Empat Golongan Manusia

 
Mengurai Pandangan Imam Al-Ghazali tentang Empat Golongan Manusia
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Imam Al-Ghazali atau bernama lengkap Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali At-Thusi As-Syafi'i adalah sosok ulama yang sangat produktif. Tidak kurang dari 228 kitab telah ditulisnya, yang meliputi berbagai disiplin ilmu; tasawuf, fiqih, teologi, logika, hingga filsafat.

Karena kredibelitas itu, beliau dikenal dengan gelar Hujjatul Islam (kemampuan daya ingat yang kuat dan bijak dalam berhujjah). Beliau adalah ulama yang sangat dihormati di dua kepemimpinan besar Islam, yaitu Dinasti Saljuk dan Abbasiyah, yang mana keduanya merupakan pusat kebesaran Islam pada zamannya.

Salah satu kitab karya Imam Al-Ghazali yang paling masyhur dan banyak dikaji oleh berbagai kalangan adalah Ihya' Ulumuddin. Kitab ini merupakan kitab paling penting bagi kalangan pesantren. Pembahasan di dalamnya sangat mendalam tetapi diuraikan dengan sangat menarik oleh Imam Al-Ghazali. 

Salah satu pandangan menarik di dalam Kitab Ihya' Ulumuddin adalah pernyataan Imam Al-Ghazali yang menukil dari Syaikh Kholil bin Ahmad tentang empat golongan manusia. Manusia itu terbagi menjadi empat golongan sebagaimana berikut ini:

قَالَ الْخَلِيْلُ بْنُ أَحْمَدَ، اَلرِّجَالُ أَرْبَعَةٌ، رَجُلٌ يَدْرِيْ وَيَدْرِيْ أَنَّهُ يَدْرِيْ فَذَلِكَ عَالِمٌ فَاتَّبِعُوْهُ، وَرَجُلٌ يَدْرِيْ وَلَا يَدْرِيْ أَنَّهُ يَدْرِيْ فَذَلِكَ نَائِمٌ فَأَيْقِظُوْهُ، وَرَجُلٌ لَا يَدْرِيْ وَيَدْرِيْ أَنَّهُ لَا يَدْرِيْ فَذَلِكَ مُسْتَرْشِدٌ فَأَرْشِدُوْهُ، وَرَجُلٌ لَا يَدْرِيْ وَلَا يَدْرِيْ أَنَّهُ لَا يَدْرِيْ فَذَلِكَ جَاهِلٌ فَارْفِضُوْهُ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN