Saat Listrik Mati, Mobil Ini Bisa Digunakan untuk Genset

 
Saat Listrik Mati, Mobil Ini Bisa Digunakan untuk Genset

LADUNI.ID,  Seiring perkembangan zaman, teknologi genset terus berubah, kini mobil-mobil produksi massal bisa dijadikan genset untuk menyuplai listrik rumahan.

Meski jumlah mobil ‘genset’ masih sangat terbatas namun bisa diandalkan saat ada pemadaman listrik massal seperti yang terjadi di sejumlah wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten sejak.

Mobil-mobil ‘genset’ tersebut akrab disapa mobil hybrid atau plug-in hybrid. Umumnya kendaraan-kendaraan itu punya dua jantung penggerak, yaitu mesin bensin dan motor listrik. Mesin bensinnya bertugas sebagai penyuplai listrik ke baterai yang selanjutnya digunakan dayanya untuk menggerakkan motor listrik.

Head of PC Technical Service & CS Support Section Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwansyah Siregar mengatakan mobil sanggup mengeluarkan daya 1.500 Watt dan bisa bertahan selama sembilan jam.

Ketika kondisi baterai masih dalam kondisi penuh, memang bisa dijadikan seperti powerbank tapi dibatasi sampai dengan 1.500 Watt daya. Karena sudah tersedia colokan di bagasi belakang.

Berdasarkan penuturan Irwansyah, untuk penggunaan eksternal dibatasi hingga kondisi baterai sampai 20 persen. Setelah mencapai kondisi itu mesin 4B12 2.4L MIVEC pada Outlander PHEV bakal otomatis menyala untuk mulai pengecasan baterai.

Pertama, ada Outlander PHEV yang diluncurkan di GIIAS 2019 yang berakhir beberapa waktu lalu. Untuk konsumen Indonesia ‘genset’ berjalan ini dijual di atas Rp1 miliar.

Kedua, ada Honda Clarity Fuel Cell (mobil hidrogen). Mobil juga bisa digunakan sebagai energi alternatif sebagai sumber listrik rumah selain mesinnya sebagai. Mobil sedan ini mempunyai tenaga atau motor listrik sebesar 130 Kw atau setara dengan 177 PS (174 daya kuda) yang mampu menghasilkan torsi puncak 300 Nm.