Menkominfo Akan Bangun Insfastruktur Internet yang Andal di Ibu Kota Baru

 
Menkominfo Akan Bangun Insfastruktur Internet yang Andal di Ibu Kota Baru

LADUNI.ID,  Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menuturkan pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur membutuhkan infrastruktur internet dan jaringan telekomunikasi yang andal.

Berdasarkan penjelasan Rudiantara di Gedung Kementerian Komenterian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Senin (26/8/2019) “Yang pertama, itu harus membentuk banyak ring. Jadi, kalau kita punya Palapa Ring untuk Indonesia, untuk punya Kalimantannya sendiri harus banyak Palapa Ring, keterandalannya harus tinggi,”.

Sebelum itu diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memastikan lokasi ibu kota baru terletak di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya adalah di bagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanegara. Kalimantan Timur dipilih karena pertimbangan strategis dan kebencanaan.

Menkominfo Rudiantara mengungkapkan nantinya infrastruktur internet akan dibangun di bahu jalan yang telah dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Salah satu yang dimanfaatkan nanti jalan yang dibangun Kementerian PUPR. Di bahu jalan yang sudah dibangun, nanti kita akan bangun fiber optik, sehingga di Kalimantan itu ringnya akan semakin bagus,” ungkapnya.

Melihat pada pembangunan Palapa Ring dengan model Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), Rudiantara mengatakan jika model pembangunan infrastruktur internet di Kalimantan harus dibicarakan terlebih dahulu dengan para operator seluler.

“Kita bicarakan dengan operator, mau bangun tidak. Tapi dengan syarat operator kalau mau bangun harus dibuka kepada operator lain. Konsep harus sharing,” kata Rudiantara.

Rudiantara juga mengatakan akan melakukan pertemuan dengan operator untuk meningkatkan keterandalan jaringan telekomunikasi di Kalimantan.

“Nanti ada khusus pertemuan dengan operator untuk membahas rencana di Kalimantan. Namanya bukan Palapa Ring, tapi bentuk Palapa Ring khusus untuk Kalimantan,” katanya.