Mudah Jatuh Cinta Bagaimana Mengatasinya?

 
Mudah Jatuh Cinta Bagaimana Mengatasinya?

Assalamu’alaikum mbak Nur.
Halo mbak, saya Chika, umur saya bulan Agustus ini masuk 20 tahun. Mbak Nur, saya mau curhat nih. Sebenarnya saya malu, tapi harus saya lakukan agar tidak menjadi hal-hal yang mendarah daging pada diri saya. Begini mbak, saya ini mudah sekali jatuh cinta. Alhamdulillah saya dikaruniai wajah yang cantik, sehingga banyak cowok-cowok yang mendekat. Sikap saya yang supel, kadang membuat cowok-cowok itu tertarik dan mendekati saya. Parahnya, saya juga mudah menerima perasaan mereka, walaupun mungkin hubungan yang terjalin tidak lama, karena saya jatuh cinta lagi pada cowok lain. Apa yang harus saya lakukan ya mbak, agar saya dapat mengendalikan perasaan saya sehingga tidak mudah jatuh cinta dan tidak salah pilih pasangan. Terima kasih atas sarannya.
Wassalamu’alaikum wr wb.
Chika di Bekasi.

Tanggapan :

Wa’alaikumsalam wr wb.
Hai Chika yang cantik dan supel, terima kasih sudah bersedia berbagi cerita dengan mbak Nur di Rubrik Konsultasi Psikologi Laduni ini. Chika, jatuh cinta merupakan perasaan manusiawi yang bisa dialami oleh setiap orang karena cinta merupakan fitrah yang dikaruniakan Allah. Cinta dapat meliputi cinta kepada Allah, cinta kepada makhluk ciptaan Allah, dan cinta kepada sesama manusia termasuk di dalamnya cinta pada lawan jenis.
Biasanya membutuhkan waktu bagi seseorang untuk jatuh cinta, namun pada sebagian orang ada yang mudah jatuh cinta. Hal ini bisa menimbulkan permasalahan tersendiri bagi orang tersebut karena nantinya juga gampang patah hati dan mendapat sebutan player.
Tips-tips berikut ini bisa membantumu mengatasi perasaan mudah jatuh cinta.

1. Selalu ingat Allah
Kita harus menyadari bahwa segala sesuatu di alam semesta ini adalah milik Allah, maka sudah seharusnya bahwa cinta kepada Allah menempati urutan tertinggi. Selalu mengingat Allah bisa diwujudkan dengan sholat, puasa dan beristighfar. Hal ini membuat kita merasa selalu dalam pengawasan Allah dan menjauhkan kita dari perbuatan yang tidak diridhoi Allah termasuk di dalamnya mudah baper dan mudah jatuh cinta.

2. Memelihara pandangan.
Seringkali kita mendengar pepatah “dari mata turun ke hati”, pepatah ini bisa diartikan bahwa pandangan mata menjadi pembuka jalan datangnya godaan yang kemudian muncul rasa tertarik, tergoda.  Mengenai hal ini Allah telah memperingatkan dalam firman – Nya :
Katakanlah kepada orang-orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat”. [An-Nur/24: 30]

3. Tentukan batasan
Seringkali orang tertarik bukan karena kebaikan sifat atau keimanan yang baik, tetapi seringnya berinteraksi dengan lawan jenis. Jadi, untuk menghindari perasaan yang semakin dalam, tidak ada salahnya kita menentukan batasan. Misalnya, tidak menerima ajakan makan malam, tidak menerima teleponnya di larut malam dan hindari membicarakan hal-hal yang bersifat pribadi dengan lawan jenis.

4. Analisis perasaanmu
Jatuh cinta memang berjuta rasanya, senang, malu, berdebar-debar dan segalanya terasa menyenangkan. Namun, perhatikan dan analisislah apakah perasaanmu tersebut benar-benar cinta atau sekedar ketertarikan ataukah kekaguman belaka.

5. Tulis harapanmu tentang sebuah hubungan percintaan
Boleh lho, kita menuliskan apa yang menjadi harapan kita tentang hubungan percintaan yang kita inginkan. Misalnya, kriteria pasangan yang diinginkan. Utamakan yang seiman, memiliki keimanan yang baik dan berpandangan positif terhadap diri dan masa depannya.  

6. Sibukkan diri
Menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif, misalnya mengikuti kelas olahraga,  memasak, membaca buku tentunya bisa mengalihkan perhatianmu dari lawan jenis.
Jatuh cinta dalam Islam, tidak hanya berkaitan dengan hawa nafsu semata. Islam mengajarkan agar kita tetap menjaga diri dari godaan syetan yang mengarahkan pada kemaksiatan.
Wassalamu’alaikum wr wb.
 

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun