Bupati Sanggau: Ansor dan Banser Sangat Dibutuhkan NKRI

 
Bupati Sanggau: Ansor dan Banser Sangat Dibutuhkan NKRI

LADUNI.ID, Sanggau - Bupati Sanggau Paolus Hadi menyatakan bahwa pemerintah kabupaten (pemkab) sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Ansor dan Banser. Menurutnya, Ansor dan Banser sangat dibutuhkan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pernyataan ini disampaikan oleh Paolus Hadi saat menghadiri kegiatan Susbalan II Tingkat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), di mana pada kegiatan ini dihadiri 100 lebih peserta dari 12 Kabupaten se Kalbar, terkecuali Kabupaten Kayong Utara dan Kapuas Hulu.

"Jujur saya serius untuk membantu kegiatan - kegiatan yang organisasinya jelas, NKRInya jelas dan bisa menjadi sahabatnya semua orang. Dan memang inilah yang sedang dibutuhkan negara kita saat ini,"  tegas Paolus Hadi, pekan lalu, seperti dilansir dari laman Antara, di pondok Pesantren Suryalaya, Sanggau, pada Jumat (6/9).

Lebih dari itu, Paolus juga sangat berharap organisasi Melayu, Dayak, Jawa, Batak, Bugis dan suku-suku lainnya di Kabupaten Sanggau khususnya mau bekerjasama dan belajar bersama Banser dan Ansor bagaimana mencintai NKRI setulus hati. Bahkan, Bupati Sanggau pada tahun 2018 lalu telah menyiapkan anggaran sebesar Rp115 juta.

Selain itu, Paolus Hadi juga meminta organisasi massa (ormas) maupun organisasi kepemudaan (OKP) lainnya di Kabupaten Sanggau untuk bisa belajar dari Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan Ansor. Pasalnya, organisasi ini terbukti nasionalismenya dengan melakukan pengkaderan mulai dari tingkat pendidikan latihan dasar (diklatsar), kursus banser lanjutan (susbalan) hingga kaderisasi tingkat nasional.

"Saya mengaku belajar banyak dari militansi dan cinta terhadap NKRI yang ditunjukan Banser dan Ansor. Oleh karenanya, saya kadang - kadang bermimpi organisasi lainnya yang ada di Kabupaten Sanggau bisa konsisten dan kompak dalam menjalankan organisasinya," ungkap Bupati.

Pada kegiatan ini, dihadiri oleh Ketua NU Sanggau H Toyib SA, Ketua Fatayat Pusat Khalilah, Ketua Ansor Kalbar M Nurdin, Satkornas Banser Pusat yang diwakili Heri dan Wahyu,, Komandan Satkorwil Bansor Kalbar, Tohidin, perwakilan Kemenag Sanggau, Nurkholis, Kabag Sumda Polres Sanggau Kompol Abdullah, Pasi Ops Kodim 1204 Sanggau Kapten Inf Agus Mulyanah, Ketua Ansor Sanggau, Ketua BAZNAS Sanggau H Sjamsul Chaidir, POM Sanggau, PDKS Sanggau, OMK dan perwakilan Protestan, dan beberapa ormas dan OKP lainnya.

Bupati juga menambahkan, saat ini negara sedang membutuhkan kader - kader bangsa yang berpikir nasionalis tapi agamis seperti yang ditunjukan Nahdlatul Ulama (NU) berserta badan otom (banom)nya seperti Ansor dan Banser.

"Nah, melalui pelatihan seperti ini, saya berharap para kader Banser yang mengikuti pelatihan Susbalan punya pengetahuan yang luas tentang agama dan tentang negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sepengetahuan saya sangat jarang ada organisasi yang memberikan pelatihan seperti ini, yang agamis dan nasionalis yang menjunjungi tinggi perbedaan," pungkasnya.