Ingin Liburan? Coba Kunjungi Dataran Tinggi Posong di Temanggung, Alamnya Wow...

 
Ingin Liburan? Coba Kunjungi Dataran Tinggi Posong di Temanggung, Alamnya Wow...

Foto: Sunrise Dataran Tinggi Posong (Susi Cahyani)

LADUNI.ID, Temanggung - Dataran Tinggi Posong adalah salah satu tempat wisata di Temanggung. Dataran dengan ketinggian 2000 mdpl dapat melihat pemandangan alam yang luar biasa.

Keindahan pemandangan di Dataran Tinggi Posong ini bahkan ada yang menyamakannnya dengan keindahan alam di Dieng Plateau Wonosobo.

Dari Dataran Tinggi Posong ini anda juga dapat melihat sunrise yang menawan serta pemandangan 7 puncak gunung di sekitar Temanggung yaitu Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran dan juga Gunung Muria.

Dimana Lokasi Dataran Tinggi Posong?

Dataran Tinggi Posong relatif sangat mudah ditemukan, yakni berada di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Lokasinya dari pusat kota Temanggung yaitu sekitar 26 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam. Saat ini.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Jika menggunakan kendaraan pribadi, bisa melewati melalui rute ke Posong Temanggung jika anda dari arah kota Semarang maka ambil jalur ke arah Pantura(pantai utara) Semarang-Yogyakarta melewati kecamatan Bawen, Ambarawa dan terakhir di perempatan Secang. Dari situ belok ke arah kanan dan ikuti saja jalan menuju alun-alun kota Temanggung.

Sedangkan bila datang dari arah kota Yogyakarta, maka anda ambil jalan menuju Yogyakarta-Semarang, melewati kota Magelang dan terakhir perempatan Secang belok saja ke arah kiri. Ikuti saja jalan aspal/utama hingga bertemu dengan alun-alun kota Temanggung. Apabila sudah sampai di alun-alun kota, ambil ke arah ke daerah Wonosobo melewati daerah Parakan. Setiba di pasar Parakan, lurus dengan jalan menanjak hingga sampai di kecamatan Kledung. Ikuti terus jalan menuju Wonosobo kurang lebih 5 hingga 7 kilometer, maka anda akan menemui gerbang masuk sekaligus TPR wisata Posong tepat di kanan jalan.

Menggunakan transportasi umum

Menggunakan Bus antarkota dari Bandung atau Jakarta bisa menggunakan bus dengan tujuan Wonosobo. Kemudian dilanjutkan dengan bus 3/4 jurusan Wonosobo-Magelang atau Purwokerto-Magelang dan turun di Desa Tlahab,  Kecamatan Kledung (tinggal bilang turun di sekolahan dan semua kondektur sudah mengerti). Jarak dari terminal bus Wonosobo ke Tlahab hanya sekitar 10 Km.

Dataran Tinggi Posong saat ini juga sudah tersedia penginapan, jika pengunjung ingin bermalam. (*)