Ziarah di Makam Habib Abdullah Bin Mukhsin, Habib Keramat dari Empang, Bogor

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Habib Abdullah Bin Mukhsin, Habib Keramat dari Empang, Bogor

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Habib Abdullah bin Muhsin al-Attas atau yang juga dikenal sebagai Habib Keramat Empang berasal dari desa Al-Kasri Hadrmaut Yaman. beliau adalah seorang ulama yang aktif mengembangkan ajaran agama Islam di daerah Empang, Bogor, Jawa Barat.

Awal kedatangannya ke Jawa, Habib Abdullah Bin Mukhsin memilih Pekalongan sebagai kota tempat kediamannya. Guru beliau Habib Ahmad Bin Muhammad Al Athas banyak memberi perhatian kepadanya.

Semasa hidup Habib Abdullah bin Muhsin Al Attas mendapatkan karomah yang luar biasa, diantaranya bisa dengar pembicaraan Ikan Keramat. Lalu karomah Habib Abdullah bin Mukhsin Al Athos Empang Bogor selama di dalam penjara ke karomahan Habib Abdullah bin Mukhsin semakin nampak sehingga akan semakin banyak orang yang datang berkunjung.

Cukup penjara tersebut tentu saja hal itu mengherankan para pegawai penjara dan penjaganya sampai mereka pun ikut mendapatkan berkah dan manfaat dari kebesaran Habib Abdullah. Dipenjara itu setiap permohonan dan hajat yang pengunjung sampaikan kepada Habib Abdullah bin Mukhsin selalu dimakzulkan oleh Allah subhanahuwata'ala.

Profil

Habib Abdullah bin Muchsin Al-Aththas dilahirkan di Haurah, salah satu desa di al-Kasri, Hadhramaut, Yaman, pada hari selasa 20 Jumadil Awal 1265 H.

Nasab

Habib Abdullah bin Mukhsin bin Muhammad bin Abdullah bin Muhammad bin Mukhsin bin Al-Quthb Husen bin Syekh Al Quthb Anfas Al Habib Umar bin Abdurrohman Al Aththas bin ‘Aqil bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman bin Abdullah bin Abdurrahman as-Seqqaf bin Muhammad maulad dawilah bin Ali maulad dark bin Alwy al-Ghayyur bin Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali bin Muhammad shahib marbath bin Alwy khali’ qatsam bin Alwy bin Muhammad bin Alwy Ba’Alawy bin Ubaidullah bin Ahmad al-Muhajir bin Isa ar-Rumi bin Muhammad an-naqib bin Ali al-uraidhi bin Ja’far Shadiq bin Muhammad al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Imam Husein as-sibth bin Ali bin Abi Thalib ibin Sayidatina Fatimah az-Zahra binti Rasulullah SAW.

 

Guru-Guru Beliau
    1. Habib Muchsin Al-Aththas
    2. Syaikh Umar bin Faraj bin Sabbah
    3. Habib Abubakar bin Abdullah Al-Atthas
    4. Habib Sholeh bin Abdullah Al-Atthas, di desa Ammad, Hadramaut.
    5. Habib Ahmad bin Muhammad Alhabsyi
    6. Habib Abdullah bin Alwi Alaydrus,
    7. Habib Ahmad bin Muhammad Al-Muhdor
    8. Habib Ahmad bin Abdillah Al-bar
    9. Syekh Abdullah bin Ahmad Baswedan, di Karbah, Hadramaut, ia juga bermukim disini.
   10. Syekh Muhammad bin Abdullah Basaudan.

Lokasi Makam

Pada hari selasa tanggal 29 bulan Dzulhijah 1351 H, di awal waktu dhuhur Habib Abdullah Bin Al-Athas dipanggil kehadirat Allah SWT.

Jenazah beliau dimakamkan keesokan harinya setelah sholat dhuhur, tak terhitung jumlah manusia yang ingin ikut mensholatkan jenazah beliau, yang dimakamkan di bagian barat masjid beliau di Empang-Bogor. Sebelum wafat beliau yang dikarenakan flu ringan, kebanyakan waktunya ditenggelamkan dalam dzikirnya dan doanya kepada Allah SWT sampai beliau pulang kepangkuan Allah SWT.

Makam beliua berlokasi di Kompleks Makam Habib Abdullah Bin Mukhsin di belakang Masjid An Nur, jalan Lolongok No.13, RT.6/RW.15, Empang, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat

Di Komplek Masjid An nur inilah Al Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas (dijuluki Habib Empang Bogor) dimakamkan bersama anak-anaknya yaitu Al Habib Mukhsin Bin Abdullah Al Athas, Al Habib Zen Bin Abdullah Al Athas, Al Habib Husen Bin Abdullah Al Athas, Al Habib Abu Bakar Bin Abdullah Al Athas, Sarifah Nur Binti Abdullah Al Athas, dan makam murid kesayangannya yaitu Al Habib Habib Alwi Bin Muhammad Bin Tohir. Di Kompleks ini juga dimakamkan seorang ulama yang wafat 26 Maret 2007 Al Habib Abdurrohman Bin Ahmad Assegaf (pimpinan Ponpes Al-Busro Depok).
 

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam Habib Abdullah bin Muchsin Al-Aththas banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Bogor saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek pemakaman Habib Empang Bogor.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam Habib Abdullah bin Muchsin Al-Aththas, dimudahkan mencari rezeki, dimudahkan dalam hajatnya, dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak sholeh dan sholehah

Peninggalan

Karya-karya beliau:
Adapun kitab karya Habib Abdullah Bin Al-Athas yang terkenal antara lain:

  1. Faturrabaniah
  2. Ratibul Ahtas dan Ratibul Hadad

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Bogor di antaranya:
Roti Unyil Venus, Bika Bogor, Asinan, Strudel, Lapis Bogor, Makaroni Panggang.