Ziarah di Makam KH. Mahfudh Salam, Ambarawa, Ulama Pejuang dari Pati

 
Ziarah di Makam KH. Mahfudh Salam, Ambarawa, Ulama Pejuang dari Pati

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Kiai Mahfudh Salam adalah seorang ulama pejuang Islam yang gigih, seorang ahli hukum Islam (faqih) yang disegani, dan seorang guru besar agama. Kiai Mahfudh Salam memiliki jiwa patriotisme yan tinggi dalam membela rakyat jelata di wilayah Pati.

Profil

Beliau adalah putra dari Kiai Abdussalam yang masih keturunan Syekh Mutamakkin. KH. Mahfudh Salam juga saudara dari Kiai Abdullah Salam Kajen, Pati. Pesantren Matholi’ul Falah adalah bukti peninggalan perjuangan Kiai Mahfudh dalam pendidikan dan dakwah untuk mengajar santri-santrinya.

KH. Mahfudh Salam juga aktif dalam memerangi para penjajah Belanda pada masa itu. Perlawanan terhadap kolonial, konsep politik kebangsaan, dan ide-ide diplomasi politik Kiai Mahfudh banyak diturunkan kepada putranya Kiai Sahal.

Dalam sebuah kisah, Kiai Mahfudh merupakan kiai, pejuang dan santri yg cerdas. Ia memahami turats secara mendalam, menguasai ilmu-ilmu politik-intelijen dan hafidzul qur’an. Ketika mengantar adiknya, Kiai Abdullah Salam mondok mengaji kepada Kiai Said, Pamekasan Madura, Mbah Mahfudh ikut menemani adiknya selama dua minggu. Hal ini dilakukan untuk menghibur dan menjaga adiknya agar kerasan mondok. Selama proses menemani adiknya itu, Mbah Mahfudh sambil menghafal al-Quran dan khatam dalam waktu hanya dua minggu.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN