Safari Religi dan Berdoa di Makam Sunan Blongsong Bojonegara

 
Safari Religi dan Berdoa di Makam Sunan Blongsong Bojonegara

Sepintas Sejarah

Sunan Blongsong adalah ulama dari kerajaan Mataram yang menyebarluaskan agama Islam di wilayah desa Blongsong, Kecamatan Baureno, Bojonegoro. Makam Sunan Blongsong yang memiliki nama lain Banung Sumitro ini berada di wilayah Jalur Bojonegoro-Surabaya masuk jalur poros desa timur SMP Ahmad Yani Baureno sekitar 150 meter.

Menurut Juru Kunci Sunan Blongsong, M Syafi'i, dari cerita nenek moyang dan beberapa tokoh agama di desanya, Sunan Blongsong pertama kali datang ke daerah itu sekitar tahun 1600an

Awalnya, saat kedatangan Belanda, Kerajaan Mataram ada sebagian yang pro dengan Belanda ada juga sebagian yang kontra dengan Belanda. Salah satu dari yang kontra dengan Belanda adalah Mbah Suna Blongsong, sehingga dia bertekad  melarikan diri dari Mataram dan menetap di daerah yang sekarang bernama Blongsong itu. 

Di Desa Blongsong Mbah Sunan menetap dan membangun keluarga di daerah ini sambil menyebarkan agama Islam hingga akhir hayatnya. Saat bersembunyi di Desa Blongsong, Mbah Sunan mengatur strategi untuk bisa melawan Belanda. Karena perlawananya, dia termasuk sosok yang diincar penjajah. Bahkan rumah dan masjid yang didirikan dibakar oleh Belanda.

Karena keberaniannya sehingga masyarakat sekitar menganggapnya sebagai seorang Sunan karena telah membimbing mereka ke jalan yang benar. Pertama kali di temukan makam Mbah Sunan bukan langsung berada di tempat yang berdiri ada sekarang ini. Melainkan berada di sekitar 200an meter dari bangunan ini. Pertama ditemukan ketika masyarakat umum akan membangun rel kereta api. Karena akan dibangun rel kereta api, lalu dipindahkan di pemakaman umum

Setelah ditemukan itu makam Mbah sunan dipindahkan dan dibangunkan tempat seperti sekarang ini. Di dalam bangunan ini terdapat 9 buah makam yang merupakan makam dari romobongan ataupun keluarga Mbah Sunan Blongsong yang ikut menyebarkan Islam saat ada Belanda datang dan tiga kuburan di antaranya berukuran kecil. 
 

 

Lokasi Makam

Komplek makam Sunan Blongsong terletak di Desa Blongsong, Kecamatan Baureno, Bojonegara.