Wisata Ziarah dan Bertawassul di Makam KH. Hasyim Muzadi Depok

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata Ziarah dan Bertawassul di Makam KH. Hasyim Muzadi Depok

Sekilas Biografi

KH. Hasyim Muzadi adalah Ulama intelektual, cerdas, bijak dan dekat kepada siapapun. Selain sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam Malang dan Al Hikam Depok, beliau juga pernah menjabat ketua Umum PBNU (1999-2010), dan menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden .

KH. Hasyim Muzadi lahir di Bangilan, Tuban, 8 Agustus 1944, merupakan anak ketujuh dari delapan bersaudara pasangan Muzadi dan Rumyati. Ayahnya yang pedagang tembakau lebih dulu mangkat dari ibunya yang berjualan roti. Hasyim tetap mempertahankan rumah kayu, tempat kelahirannya di Bangilan, Tuban, meskipun ayah dan ibunya sudah lama meninggal.

Hasyim Muzadi muda menempuh jalur pendidikan dasarnya di Madrasah Ibtidaiyah di Tuban pada tahun 1950, melanjutkan pendidikan di Pondok Modern Gontor Ponorogo,  ia lalu mondok lagi di Pesantren Al-Anwar, Sarang, Lasem dan menuntaskan pendidikan tingginya di Institut Agama Islam Negeri Malang, Jawa Timur pada tahun 1969.

Kiprah organisasinya mulai dikenal ketika pada tahun 1992 ia terpilih menjadi Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur yang terbukti mampu menjadi batu loncatan bagi Hasyim untuk menjadi Ketua PBNU pada tahun 1999.

K.H. Hasyim Muzadi wafat pada 16 Maret 2017 di Malang, Jawa Timur.

Lokasi Makam

Makam KH. Hasyim Muzadi berada di samping masjid pesantren Al Hikam Depok, Jawa Barat