Tim IT Indonesia Mampu Bersaing dengan Luar Negeri

 
Tim IT Indonesia  Mampu Bersaing dengan Luar Negeri

LADUNI.ID, Jakarta - Chief Data Officer OVO, Vira Shanty, menyebutkan bahwa sudah saatnya kita tidak ragu dengan keahlian tim IT Indonesia. Tim IT Indonesia sudah sangat mempu bersaing dengan negara lain.

"Pasti bisa lah, optimis saya. Kalau saya bisa ngomong di area tim saya, tim saya lokal 100%, which is tadi saya bilang kalau dibandingkan dengan partner-partner saya dari negara lain itu sangat-sangat kompeten," ungkap Vira, di Jakarta Selatan, Rabu (15/10).

Menurut Vira, salah satu contohnya ada SmartCube produk Ovo yang dihasilkan dari lokal, sehingga sudah terbukti IT kita tak kalah hebatnya. SmartCubes merupakan vending machine yang memanfaatkan big data analytics dengan membaca pola konsumen berkolaborasi dengan Cloudera.

"Mungkin saya sudah jelaskan sebelumnya, ini lebih ke arah agregasi, lebih ke costumer personal, demografi dan lain-lain, jadi terjamin (aman-red)," terangnya.

Meski begitu, OVO sudah menjanjikan keamanan data konsumen OVO, tidak akan ada data yang konsumen yang bakal bocor.

"Proses big data analisis yang dilakukan di Ovo itu sangat kami concern dengan consumer data privacy. Tidak ada dalam inovasi ini data consumer yang keluar," tegas Vira.