TP PKK Sumenep Bakal Kembangkan Desa Wisata Berbasis PKK

 
TP PKK Sumenep Bakal Kembangkan Desa Wisata Berbasis PKK

LADUNI.id, Sukenep - Dalam rangka mengembangkan Desa Wisata berbasis PKK, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sumenep, Madura, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke TP PKK Malang. 

Salah satu tujuannya adalah Desa Waturejo, Kecamatan Ngantang. Desa itu merupakan satu-satunya desa di Indonesia yang sudah menerapkan ‘Desa Wisata berbasis PKK’.

Namun, sebelum ke Desa Waturejo, rombongan TP PKK Sumenep terlebih dahulu mendatangi TP PKK Malang di Pendopo Pemerintah Kabupaten setempat. Kunjungan tersebut tiada lain dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di TP PKK Sumenep.

Ketua TP PKK Sumenep, Nurfitriana menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh TP PKK Malang. Selain itu, ia menjelaskan jika Sumenep memiliki potensi wisata yang luar biasa, seperti Pulau Giliyang yang memiliki kadar oksigen terbaik kedua dunia, Gili Labak, Pantai 9, Pantai Lombang, dan juga wisata lainnya yang tersedia di Sumenep.

"Kami juga ingin mengembangkan wisata yang ada di Sumenep, tentu dengan belajar kepada yang berpengalaman yaitu Kabupaten Malang. Saya ingin setelah pulang ke Sumenep ada yang ditunjuk oleh PKK untuk menjadi Desa Wisata,” kata Nurfitriana.

Anggota DPRD Jawa Timur ini juga meminta para pengurus yang ikut agar serius mengikuti jalannnya acara, agar apa yang telah didiskusikan bisa menjadi bahan pembalajaran dan evaluasi bagi program PKK di Sumenep.

Sementarq, Asisten I Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Pemkab Malang, Sukowiyono, mengucapkan terima kasih kepada PKK Sumenep yang telah mempercayai TP PKK Malang untuk melakukan sharing dan belajar bersama tentang kesejahteraan keluarga yang lebih maksimal.

“Selamat datang di Kabupaten Malang, Ini suatu kehormatan bagi kami. Semoga dengan kunjungan kerja kali ini dapat menjalin silaturahim yang baik,” katanya, Selasa pagi (08/10/2019).

Sukowiyono mengungkapkan bahwa Kabupaten Malang memiliki sektor pariwisata dan potensi alam yang cukup, sehingga yang menonjol dari daerah Malang adalah wisatanya.

Usai sharing program dan penyerahan cenderamata dari PKK Sumenep ke PKK Malang dan sebaliknya, rombongan kembali melanjutkan perjalanan ke balai Desa Waturejo, Kecamatan Ngantang untuk melakukan sharing program di Desa Wisata berbasis PKK itu. (*)

Sumber : Mata Madura