Pesantren Sentot Alibasya Bengkulu

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Sentot Alibasya Bengkulu

Profil

PPSSA-- semula bernama Pondok Pesantren Ja- alHaq-- yang berdiri pada hari Minggu, 16 Juli 2006 M ataupun 20 Jumâd al- tsânî 1427 H ini dipandu langsung oleh deklarator serta sekalian konseptornya ialah KH. Hasbullah Achmad. Penaikan K H. Hasbullah bagaikan arahan pondok pesantren tertuang dalam SK Yayasan bertepatan pada 17 Juli 2006 M ataupun 21 Jumâd al- tsânî 1427 H, Nomor. 023/ SK/ Jâ- alHaq/ A. 1/ 2006. Awal mulanya, Pesantren ini cuma ceria 9 orang santri yang terdiri dari 5 santri putra serta 4 orang santri putri, yang sekalian jadi anak didik MTs Jâ- alHaq. Setelah itu pada bulan selanjutnya, jumlah santrinya meningkat dengan masuknya sebagian santri baru dari area sekelilingnya yang cuma menjajaki progam pembelajaran salafiyah pondok pesantren.

Pondok Pesantren Jâ- alHaq ini sendiri berdiri berbarengan dengan dibukanya lembaga resmi MTs Jâ- alHaq yang ialah lembaga resmi awal di dasar lindungan Yayasan Jamiyyah Khamil Quran ( Jâ- alHaq). Kurikulum MTs Jâ- alHaq dilaksanakan dengan cara terstruktur dengan kurikulum Pondok Pesantren Jâ- alHaq. Begitu juga sudah dituturkan di atas, pada awal mulanya nama pondok pesantren ini merupakan Pondok Pesantren Jâ- alHaq. Tetapi berikutnya, pondok pesantren Jâ- alHaq bertukar nama jadi Sentot Alibasya, begitu juga yang terdapat saat ini. Pergantian nama ini tertuang dalam SK Yayasan bertepatan pada 27 November 2006 M ataupun 06 Dzû al- Qa’ dah tahun 1427 H, Nomor. 025/ SK/ Jâ- alHaq/ A. 1/ IX/ 2006.

Berantai pergantian nama pondok pesantren dari Jâ- alHaq jadi Sentot Alibasya berasal kala terdapat pengajuan permohonan pesan permisi operasional serta no statistik pada pada Departemen Agama Kota Bengkulu yang pada durasi itu sedang bernama Unit Agama. Departemen Agama lewat Kepala Kasi. Pekapotren Kota Bengkulu melaporkan keberatan pemberian nama Pesantren dengan nama Jâ- alHaq. Sebabnya merupakan kalau nama itu serupa dengan nama MTs Jâ- alHaq yang keduanya terletak dalam lindungan satu yayasan yang serupa. Baginya, perihal itu menyimpang peraturan yang legal, sebab MTs Jâ- alHaq merupakan pembelajaran resmi. Sebaliknya, jenis pesantren Jâ- alHaq yang diajukan merupakan salafiyah yang ialah pembelajaran non resmi. Atas antipati inilah, setelah itu nama” Jâ- alHaq” tidak dapat lagi dipakai bagaikan nama Pondok Pesantren ini. Menyikapi realita ini, Arahan Pesantren dikala itu-- yakni KH. Hasbullah Achmad--, bersama pihak yayasan wajib mencari nama pengganti lain tidak hanya Jâ- alHaq.

Dari usulan yang bertumbuh hal nama pondok pesantren yang hendak dipakai, paling tidak terdapat 2 nama yang mengemuka, ialah Santri Songo serta Sentot Alibasya. Dengan terdapatnya 2 usulan hal nama pondok pesantren yang baru itu, hingga dilakukanlah sebagian usaha buat menetukan opsi yang dipercayai sangat pas. KH. Hasbullah Achmad berlaku seperti Arahan Pondok, menginstruksikan Ustadz Suyanto-- sebagai Penjaga Asrama-- dan Nurqalbi-- salah satu daya guru Pesantren—untuk menggali data lebih jauh mengenai Profil pelakon asal usul K. PH. Sentot Alibasya Prawiradirja. Sehabis memikirkan data yang diterima dari sebagian lembaga penguasa, semacam Diknas Kota serta Provinsi, dari Bibliotek Wilayah, dari figur warga, serta pula dari hasil shalat istikharah K. Salim Hasan( salah satu datuk Yayasan) serta Ust. Suyanto, hingga opsi jatuh pada Sentot Alibasya bagaikan nama Pesantren. Tidak hanya itu nama Sentot Alibasya ditaksir lebih memegang pada kebajikan lokal dibandingkan dengan nama Santri Songo.

Pengasuh
KH. Hasbullah Achmad

Pendidikan 

PPSSA juga berpartisipasi dalam pengembangan kurikulum Pesantren, forum kajian Kitab Kuning, dan menjalin kerjasama yang erat dengan perguruan tinggi, lembaga bahasa asing Pare Jawa Timur, dan lembaga lain baik negeri maupun swasta.

Pendidikan Formal
MTs Ja Al-Haq 
MA Ja Al-Haq
 

Pendidikan non Formal
1. Tahfidzul Qur'an
2. Madrasah Diniyah
3. Majelis Taklim

Ekstrakurikuler

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Qira’ah ma’a al-Taghanni (seni baca Alquran)
2. Pengembangan Kesenian: Seni Lukis Kaligrafi (Khat), Seni Tari, Paduan Suara
3. Seni musik hadlrah dan barzanji
4. Program Bahasa Arab
5. Program Bahasa Inggris
6.  Pencak Silat Pagar Nusa
7. Pengembangan Olahraga: Voli, Basket, Sepakbola/Futsal
8. Pramuka
9. PMR
10. Marching Band
11. Pelatihan Kewirausahaan

 


Hadrah santri di Pesantren Sentot Alibasya Bengkulu


Santriwati Seni Tari yang dibawakan santriwati Pesantren Sentot Alibasya Bengkulu

Fasilitas

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Asrama
2. Aula
3. Gedung Pesantren
4. Lapangan serbaguna
5. Laboratorium Komputer
6. Perpustakaan
7. Ruang UKS
8. Lapangan Olahraga
9. Kantor
10. Gudang
11. Koperasi pesantren


Gedung pesantren di Pesantren Sentot Alibasya Bengkulu


Gedung sekolah di Pesantren Sentot Alibasya Bengkulu

Alamat

Jalan Martadinata No.RT.4, Sumber Jaya, Kp. Melayu, Kota Bengkulu, Bengkulu
Kode Pos: 38216
Telepon:  (0736) 52307


Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

KUNJUNGI JUGA

 

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.