Pemimpin ISIS Dikabarkan Tewas Meledakkan Diri dengan Rompi Bom

 
Pemimpin ISIS Dikabarkan Tewas Meledakkan Diri dengan Rompi Bom

LADUNI.ID, Pada hari Sabtu (26/10), Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dikabarkan tewas dalam serangan yang dilakukan serdadu Amerika Serikat di barat laut Suriah.

Pejabat senior pertahanan AS menduga Pemimpin ISIS tersebut meledakkan diri dengan memakai rompi yang sudah dipasangi bom saat serangan berlangsung.

Dalam informasi yang dimuat situs berita CNN Indonesia, untuk memastikan identitas Baghdadi, saat ini tengah dilakukan tes DNA dan biometrik.


Hogan Gidley, Wakil Sekretaris Pers Gedung Putih menyatakan Presiden Donald Trump akan membuat pengumuman besar atas peristiwa tersebut di Ruang Penerimaan Diplomatik pada Minggu pagi (27/10) waktu setempat. Persiapan pengumuman telah dilakukan sejak Sabtu (26/10) malam.

Di akun Twitter, Trump juga telah menyebut "sesuatu yang sangat besar baru saja terjadi!"

Pejabat pertahanan menyebut CIA juga turut membantu perburuan pemimpin ISIS yang diyakini sebagai pemimpin kelompok paling dicari selama lima tahun terakhir.

Pada bulan April lalu, video yang diunggah media ISIS al-Furqan menunjukkan seorang pria mengaku sebagai Baghdadi berbicara di Masjid Agung di Mosul. Itu adalah kali pertama Baghdadi terlihat sejak Juli 2014.

Sedangkan Pada bulan Februari 2018, beberapa pejabat AS mengatakan Baghdadi terluka dalam serangan udara yang terjadi pada Mei 2017, dan harus melepaskan komando atas kelompok ISIS hingga lima bulan karena cedera.

Abu Bakr al-Baghdadi diketahui telah menjadi pemimpin Negara Islam Irak (ISI) sejak 2010. Kemudian pada 2013 Baghdadi mengatakan bahwa kelompoknya dikenal sebagai Negara Islam di Irak atau ISIS.