Indahnya Mushaf Al Qur'an Kuno Aceh

 
Indahnya Mushaf Al Qur'an Kuno Aceh

LADUNI.ID, ACEH - Tarmizi A Hamid sang kolektor naskah manuskrip Aceh yang dikenal dengan sebutan Cek Midi, dalam akun facebook nya menposting Mushaf Al-Qur'an Kuno (Manuskrip Al Qur'an) peninggalan para ulama sufi Aceh.

dalam akun facebook nya Cek Midi sapaan akrab nya menyebutkan  Mushaf Al-Qur'an Kuno (Manuskrip Al Qur'an) merupakan karya besar dari tradisi penulisan pada masa lalu di Aceh, dimana lebel masa Gilang Gemilang masih berada di pundak Aceh terutama pada abad 17 Masehi.

Baca Juga: Manuskrip Tarekat dari Abad ke-XVIII Milik Sultan Banten

LPMQ Luncurkan Database Manuskrip Alquran Nusantara di Jakarta 

Manuskrip Mushaf Al-Qur'an Kuno ini, adalah karya peninggalan masa lalu di Aceh yang ditulis oleh para sufi Islam dengan tangan asli diatas alas media kertas dan memakai tinta biji besi yang dipanaskan (tinta hitam) dan tinta dari getah kayu (tinta berwarna)

Karya tradisi ini ditulis pada masa Kerajaan Aceh Darussalam (abad ke 17) Masehi. Dilihat dari gaya dan karakter iluminasi dalam Manuskrip Mushaf Al-Qur'an Kuno ini, ini dapat dipastikan bahwa penulisan yang penuh dengan ukiran Illuminasi tersebut sebagai pesanan dari Sultan Aceh kepada penulis.

Identifikasi :
Mushaf Al Qur'an
Ukuran 30 X 24 Cm
Kertas Eropah
Abad : 17 M
Koleksi Pribadi : Tarmizi Abdul Hamid