Pesantren Salafi Nahdlatul Ulum, Cempaka, Tangerang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Salafi Nahdlatul Ulum, Cempaka, Tangerang

Profil

Pondok Pesantren Salafiyah Nahdlatul Ulum (NU) berdiri tanggal 23 Sya’ban 1423 H bertepatan dengan tahun 2002. Semula Pondok pesantren ini menggunakan metode salafiyah murni tidak menyelenggarakan pendidikan formal. Basis pengkajian Ponpes ini adalah kitab kuning dengan target capaian dalam tiga tahun santri telah dapat membaca kitab kuning.

Bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1431 atau 18 Desember 2009 mengakomodir pendidikan formal berupa Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah.

Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah NU selain mengikuti kurikulum standar Nasional, juga diperkuat oleh basis keilmuan keislaman standar pesantren salafiyah dan timur tengah. Hal ini dimaksudkan agar para santri NU akan dapat berkiprah memimpin umat di tengah masyarakat dengan ilmu para ulama salafussolih yang diturunkan secara turun temurun oleh para kiayi salafiyah.

Selain itu, juga diperkuat dengan belajar menulis kitab kuning. Pengasuh ponpes NU sendiri telah mengarang kitab yang diperuntukan untuk mengajar para santri di antaranya: Kitab Alfikroh Al Nahdliyyah, Syarhu Matni Al Awaamil, Al Ta’aruf fii Ilm Al Tasawwuf, Al-Burhan ila Tajwid Al Qur’an, Tuhfat Al Tolibin fi Masail Al Fiqhiyyah, Tuhfat Al Nadzirin fi Al Mantiqi, Nihayayat Al Maqsud syarah Nadzm Al Maqsud, Al Fath Al Munir fi syarhi Nadzm Al Tafsir, Al Muhimmah fi Syarh Al Baiquniyah, Al Jalaliyah fi al Qowaid al Fiqhiyyah, Talkhisu Al Wushul fi ilm al Ushul, Al Syarh Al Maimun fi Syarh Al Jauhar Al Maknun, Al Anwaar Al Bantaniyah fi Al Jawahir Al Nahwiyah, Al Ibaanah fi Syarh Al Rahbiyah, dan lain-lain.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.