Konser Band Metal Digelar Kembali di Arab Saudi

 
Konser Band Metal Digelar Kembali di Arab Saudi

LADUNI.ID, Jakarta - Konser band metal atau musik rock akhirnya diizinkan oleh Arab Saudi untuk dilaksanakan. Ini aksi perdana band cadas Creative Waste di negara tersebut. Pertunjukan tersebut digelar di Bohemian Art Cafe, Khobar, pada 25 Oktober 2019. Tidak cuma satu, ada juga band metal lainnya, yaitu Shamal dan instrumentalis Madani Zakari.

Kendati semua musisi yang tampil adalah berasal dari musisi lokal, tapi ini adalah sebuah gebrakan yang terjadi di Arab Saudi. Sebab di negara tersebut tidak pernah ada pertunjukan band metal, setidaknya sekitar sedekade terakhir.

Fawaz Al Shawaf, vokalis dan bassis Creative Waste sebenarnya merasa khawatir. Dilansir dari Loudwire, ia yang mengaku sebagai bagian dari generasi tua merasa skeptis dengan pertunjukan tersebut.

Ketika bicara pertunjukan underground, tentu ini bukan yang pertama. Beberapa kali musisi Arab Saudi kerap menggelar acara serupa secara diam-diam. Hal itu bermula sejak terjadinya insiden di sebuah konser di Riyadh pada 2009. Acara itu dipadati penonton dan berujung rusuh.

Polisi setempat akhirnya menahan dua orang dari panitia. Mereka dituding sebagai pihak yang bertanggung jawab karena dianggap rakus untuk memeroleh banyak uang. Sejak saat itu, tak ada lagi konser musik rock dan metal di Arab Saudi. Hingga akhirnya para generasi muda membukanya kembali tahun ini.

"Orang-orang yang mengelola acara itu kebanyakan adalah pendatang baru dan masih muda. Mereka bahkan tidak tahu apa itu grindcore atau death metal," pungkas Al Shawaf.