Wisata Ziarah dan Bertawassul di Makam KH Syamsuri Dahlan Brabo

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata Ziarah dan Bertawassul di Makam KH Syamsuri Dahlan Brabo

Sekilas Biografi

Kiai Syamsuri yang dilahirkan Di Tlogogedong Demak Jawa Tengah 21 April 1906 adalah putra seorang pemuka agama dan oleh masyarakat dipercaya menjadi imam di sebuah mushala di desa Tlogogedong Demak, namanya KH. Dahlan bin Nolo Khoiron, kakeknya adalah seorang yang sempat diamanahi sebagai lurah Sambak Wonosekar Demak Jawa Tengah.

Kiai Syamsuri adalah salah seorang ulama’ yang sholih, zuhud, wira’i dan egaliter. Kyai Syamsuri, seorang tokoh yang cukup berjasa dalam syiar Islam, ia adalah pendiri Pondok Pesantren Sirojuth-Tholibin Desa Brabo, Tanggung Harjo, Grobogan, Jawa Tengah.

Pendidikan

  1.  Syamsuri muda belajar kepada KH. Abdur Rohman Tlogogedong Demak Jawa Tengah.
  2.  Syamsuri muda berguru kepada Kyai Irsyad Gablog.
  3.  Syamsuri muda pernah mondok ilmu di PesantrenTebu Ireng di bawah asuhan KH. Hasyim Asy’ari.
  4.  Kiai Syamsuri muda pernah belajar fan hadits (Shohih Bukhori dan Shohih Muslim) kepada Kyai Hasan Asy’ari di Poncol Bringin Salatiga.
  5.  Kiai Syamsuri juga belajar di Pesantren Tegalsari, Bringin Salatiga di bawah asuhan Kyai Tholhah.
  6.  Kiai Syamsuri juga pernah nyantri di  Pesantren Tanggung.

Mendirikan Pesantren

Kiai Syamsuri mulai mendirikan pesantren Sirojuth Tholibin pada tahun 1941 di Desa Brabo, Kecamatan Tanggungharjo, Grobogan. nama ini sebagai bentuk tabarukan (ngalap berkah) kepada ulama, terutama Syaikh Muhammad Ihsan Jampes Kediri (penulis kitab Sirojuth Tholibin), nama kitab yang diabadikan sebagai nama pesantren.

Kitab Sirâjuth Thâlibîn karya Syaikh Muhammad Ihsan Jampes tersebut merupakan syarah (penjelasan) atas kitab Minhâjul ‘Âbidîn karya Imam Ghozali.

Kiai Syamsuri selalu istiqomah dalam segala ritual dan kesehariannya, termasuk dalam hal mengaji. Bahkan setelah bepergian, meskipun lelah, ia tetap mengajar santri – santrinya. Dalam keadaan sakitpun, ia tidak pernah absen mengajar. Ia juga sangat istiqomah dalam melaksanakan ibadah, seperti puasa dan sholat sunnah.

Kiai Syamsuri berpulang ke Rahmatullah  tepat ba’da maghrib, malam rabu legi, 23 Shofar ( 4 Oktober 1988 ).

Makam Kiai Syamsuri Dahlan Brabo

Makam Kiai Syamsuri Dahlan Brabo berada di pemakaman keluarga pesantren Sirojuth Tholibin Brabo, Kecamatan Tanggungharjo, Grobogan, Jawa Tengah.