Wisata Ziarah dan Berdoa di Makam KH. Qosim Buchori Malang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata Ziarah dan Berdoa di Makam KH. Qosim Buchori Malang

Sekilas Biografi

KH Qosim Buchori adalah ulama Bersahaja, kharismatis, dan Tawadlu dari Gondanglegi, Malang. Beliau juga pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 2, di desa Putukrejo, Gondanglegi, Malang.

KH. Qosim Buchori lahir pada tahun 1942 di desa ganjaran kecamatan gondang-legi kabupaten malang jawa timur. Sejak lahir kyai Qosim di didik dan dibesarkan dari keluarga santri, di mulai dari didikan abahnya sendiri, KH. Buchori Ismail seorang mursyid toriqoh naqsaban-diyah.

Pendidikan

  1. Pada tahun 1950 beliau belajar di madrasah Miftahussyibyan yang berada di dekat rumahnya sendiri.
  2. Beliau juga menghabiskan waktu masa belianya di pondok pesantren Raudlatul Ulum I Malang.
  3. Melanjutkan ngajinya di pondok Buduran Sidoarjo, di bawah asuhan kyai Muhammad Abbas Chozin.
  4. Qosim muda pada kurun waktu 1956 melanjutkan pendidikan ilmu agamanya di pondok pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang yang diasuh oleh KH Ramli Tamim dan putranya KH Mustain Ramli.
  5. Selanjutnya beliau melanjutkan studinya di jenjang perguruan tinggi, yakni di IAIN (Institut Agama Islam Negri) Sunan Ampel Surabaya

Mendirikan Pesantren

Kemudian Kyai Qosim mendirikan Pondok Pesantren di desa putukrejo. Atas saran Kyai Yahya Sabrowi, nama pesantren yang didirikan itu dinamai dengan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 2.

Makam KH.Qosim Buchori Malang

KH.Qosim Buchori wafat pada tahun 2010, Makamnya berada di makam keluarga pesantren  Raudlatul Ulum 2, desa Putukrejo, Gondanglegi, Malang, Jawa Timur.