Ijtima Ulama Bawa Semangat Persatuan dan Ukhuwah Islamiyah

 
Ijtima Ulama Bawa Semangat Persatuan dan Ukhuwah Islamiyah

LADUNI.ID, Bogor - Dalam acara Ijtima 3000 yang menghadirkan ulama dari 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat, sekitar 3.000 ulama berkumpul di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Selasa (17/12).

Menurut Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bogor KH. Ahmad Mukri Aji bahwa Ijtima 3.000 Ulama membawa semangat persatuan dan ukhuwah islamiyah. Sehingga sudah saatnya para ulama, dai dan muballigh menyampaikan pesan-pesan perdamaian dan menyejukan. Tidak mengemuka lagi ego, hanya karena berbeda dalam pandangan politik.

"Kita ingin memanfaatkan forum ijtima untuk mengirimkan pesan-pesan perdamaian kepada umat. Hindari perpecahan hanya karena berbeda pandangan politik. Ulama harus bersatu, agar mampu mengawal Indonesia ke arah kemajuan yang memberikan kemaslahatan untuk umat," terangnya, ketika memberi keterangan pada Minggu (15/12) lalu.

Menurutnya, kehadiran Wapres KH. Ma'ruf Amin sangat dinantikan oleh para ulama peserta Ijtima. Alasannya figur Kiai Maruf yang pernah menjadi pemimpin tertinggi lembaga ulama baik di MUI maupun PBNU menjadi panutan dalam menjalankan dua fungsi sekaligus, yaitu ulama yang umaro dan umar yang ulama.

"Kiai Ma'ruf adalah representasi ulama dalam eksekutif. Kiprah kebangsaanya sebagai umara mampu menjembatani dialog antara ulama dan umari. Sinergitas seperi ini penting untuk kemaslahatan bangsa. Kita berharap beliau bisa menyampaikan peran tersebut saat orasi ilmiah di hadapan 3.000-an ulama yang hadir," terang Mukri Aji.

Selain itu, Mukri Aji juga mengatakan bahwa forum ini adalah forum rutin yang dilaksanakan dua kali dalam setahun. "Pada kesempatan ini insya Allah yang akan memberikan orasi ilmiah adalah Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin. Kapasitas beliau sebagai ulama sekaligus umaro sangat sesuai dengan tema yang diusung pada kegiatan ini yaitu 'Ulama dan Masa Depan Indonesia,” jelasnya.

Sebelumnya, pada tahun 2018, Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo pernah memberikan orasi ilmiah pada forum ijtima ini. Beberapa tokoh nasional dari dalam dan luar negeri seperti Menteri Agama, Ketua Umum MUI Pusat, Ulama dari Iraq dan Suriah juga pernah memberi orasi ilmiah dalam Ijtima Ulama yang rutin dilaksanakan dua kali dalam satu tahun.

Bersamaan dengan Ijtima 3.000 Ulama, juga akan dilaksanakan prosesi Wisuda 50 kader ulama angkatan XIII yang sudah menempuh Pendidikan Kader Ulama selama empat bulan.