Kemenhub Lakukan Pengujian Bus Listrik Karya Anak Bangsa

 
Kemenhub Lakukan Pengujian Bus Listrik Karya Anak Bangsa

LADUNI.ID, Jakarta - Balai Pengujian Laik Jalan Dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Kementerian Perhubungan telah menguji tipe sebanyak 28 mobil, 4 unit bus dan 34 sepeda motor listrik sejak 2013 hingga akhir 2019.

"Kalau yang sudah diuji tipe sepeda motor yang lulus 34 unit. Ada yang dari IU jadi beberapa merek sama misalnya Zero. Kemudian mobil 28 unit, bus 4 unit. Kelihatan banyak karena mereknya sama," ujar Kepala BPLJSKB Caroline Noorida Aryani, seperti dilansir Laduni.id dari Bisnis, pekan lalu.

Menurut Caroline, jumlah kendaraan listrik yang uji tipe nampak banyak karena terdapat beberapa merek yang didatangkan oleh importir umum (IU). Selain itu, terdapat merek yang sama tetapi dengan model kendaraan listrik yang berbeda.

Caroline mencontohkan untuk mobil listrik misalnya dari 28 unit yang telah melakukan uji tipe, 11 diantaranya merupakan kendaraan listrik Tesla yang diajukan oleh UI. Importir umum juga mengajukan uji tipe untuk sejumlah sepeda motor listrik salah satunya Zero.

Selain itu, Caroline juga menjelaskan sejumlah model kendaraan listrik yang telah melakukan uji tipe itu kemungkinan besar akan mulai dipasarkan pada tahun 2020. Pasalnya, saat ini pemerintah terus mendorong pengembangan kendaraan listrik baik sepeda motor, mobil dan bus. "Banyak yang sudah desain untuk launching tahun depan," tambahnya.

Menurut Caroline, uji baterai listrik, Kemenhub mengakui sertifikat yang dikeluarkan oleh masing-masing prinsipal. Setiap kendaraan listrik wajib menunjukkan sertifikasi dari pabrikan kepada Kemenhub. "Untuk baterainya, mereka wajib menunjukkan sertifikat dari prinsipal atau pabrikan," ujarnya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN