Beragama Ternyata Sesederhana Ini

 
Beragama Ternyata Sesederhana Ini

LADUNI.ID, Jakarta - Terdapat banyak fenomena keberagamaan yang ada di masyarakat. Ada orang yang rajin ibadah ke masjid tetapi memiliki kekurangan dari segi sosial. Begitu pula sebaliknya.

Menurut Ustadz Ahmad Sarwat, Lc. MA., orang yang disebut beragama itu adalah orang yang tidak sekedar melaksanakan ritual ibadah. Tetapi juga melaksanakan fungsi sosial kemanusiaan yang juga disebut dengan fiqih sosial.

“Beragama itu tidak hanya sebatas ritual ibadah, menghafal Quran, tunggang tungging rukuk sujud atau bolak-balik ibadah ke tanah suci,” terang Ahmad Sarwat, dalam keterangan yang diterima Laduni.id, Minggu (12/1).

Adapun yang disebut dengan fiqih sosial itu, ustadz Ahmad Sarwat mengilustrasikan bahwa orang membuang duri dari jalan itu juga disebut dengan beragama.

“Membuang duri dari jalan pun bagian dari agama. Padahal cuma sekecil duri doang. Bagaimana kalau sebesar mobil pribadi, ditarok di jalan milik umum? Seharusnya lebih dihindari. Itu namanya fiqih sosial,” jelas Ustadz Ahmad Sarwat.