Tuan Guru Turmudzi Pernah Buktikan Kewalian Gus Dur

 
Tuan Guru Turmudzi Pernah Buktikan Kewalian Gus Dur

LADUNI.ID, Jakarta - Sebuah kisah tentang kewalian almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pernah dituturkan oleh seorang ulama terkemuka dari Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni Tuan Guru Turmudzi Badruddin. Beliau merupakan sahabat dari Gus Dur.

Tuan Guru Turmudzi bahkan juga sangat mempercayai bahwa Gus Dur adalah seorang wali. Kepercayaan itu terjadi ketika Tuan Guru Turmudzi Badruddin pernah menguji kewalian Gus Dur pada saat Gus Dur meninggal dunia pada tanggal 30 Desember 2011 sekitar pukul 7 malam silam.

Berita meninggalnya Gus Dur tersebut dengan cepat langsung tersebar ke seluruh penjuru dunia dan seluruh masyarakat pun terkejut akan kejadian tersebut.

Sebagaimana dikutip Laduni.id dari laman nulomboktengah.or.id, Tuan Guru Turmudzi bersama dengan rombongan malam itu pun langsung mencari tiket untuk penerbangan esok hari ke Surabaya untuk mengikuti pemakaman Gus Dur di Jombang.

Kebetulan sekali, tibanya pesawat jenazah Gus Dur dari Jakarta dan penerbangan dari NTB hampir berbarengan. Dengan pengawalan, jenazah Gus Dur bisa melaju cepat dari Surabaya ke Jombang, sementara ia mengikuti dari belakang rombongan tersebut.

Akan tetapi, begitu memasuki Jombang mobil rombongan yang ditumpangi ketinggalan jauh dari mobil jenazah Gus Dur karena tumpah ruahnya para peziarah yang memasuki Jombang. Kemacetan pun sangat parah, mobil-mobil semuanya menuju pesantren Tebuireng, untuk mengikuti prosesi pemakaman. Karena sudah tidak bisa berbuat apa-apa, ia pun mengajak teman-temannya berdoa.

“Mari kita baca surat Alfatihah, jika Gus Dur benar-benar wali, maka kita akan diberi kemudahan,” ucap Tuan Guru Turmudzi sebagaimana dilansir NU Online.

Tiba-tiba saja, terdapat motor pengawalan (forider), yang memintanya untuk cepat-cepat bergerak sehingga ia dengan lancar dapat memasuki kompleks pesantren dengan gampang dan setelah itu, motor pengawal tersebut pun menghilang.