Jelang Haul Guru Sekumpul, 150 Dapur Umum Sudah Disiapkan

 
Jelang Haul Guru Sekumpul, 150 Dapur Umum Sudah Disiapkan

LADUNI.ID, Banjarmasin - Berbagai persiapan sudah dilakukan menjelang Haul Guru Sekumpul ke-15 di Martapura, Kalimantan Selatan. Persiapan tersebut mulai dari pengamanan, pengaturan jalan, bahkan dapur umum. Terdapat sekitar 150 unit dapur umum yang disiapkan di haul tahun 2020 ini.

“Saat ini kurang lebih 150 jumlah dapur umum tidak menutup kemungkinan akan bertambah,” terang Koordiantor relawan, H Abdurrahman, Kamis, (20/2) lalu. Dia juga menambahkan, untuk konsumsi terdapat sekitar 1,25 juta nasi bungkus yang akan dikelola.

Selain itu, H Abdurrahman menyatakan bahwa dalam haul Guru Sekumpul nantinnya akan ada sejumlah warga masyarakat sekitar juga ada yang memasak secara swadaya dan dibagikan secara gratis.

“Semlah warga pun juga ada yang memasak dengan sendirinnya di rumah dan membagikannya secara pribadi,” jelasnya.

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan Lurah Sekumpul Gusti Marhusin. Untuk kapasitas dapur umum tandon air juga telah tersedia.

Setidaknya, terdapat 120 tandon air berkapasitas 1.200 liter dibagikan Pemerintah Kabupaten Banjar ke sejumlah dapur dapur umum. “Setiap dapur rata-rata membutuhkan 5 tandon,” tandasnya.