Pesantren Al-Khoziny Sidoarjo

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.2
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Al-Khoziny Sidoarjo

PROFIL
Pondok pesantren Al Khoziny berdiri pada tahun 1927. dibangun di atas tanah milik KHR. Mohammad Abbas Khozin yang terletak di desa Buduran Sidoarjo. Lokasinya cukup strategis, karena berada sekitar 50 m di tepi jalan raya utama Sidoarjo-Surabaya. PP ini dibangun atas prakarsa dan insiatif KHR. Khozin Khoiruddin, ayahanda  KHR. Mohammad Abbas.

Beliau melihat bahwa masyarakat sekitar sangat membutuhkan bimbingan dan pengarahan di bidang agama, karena masyarakat di kelurahan Buduran saat itu nyaris tidak tersentuh oleh ajaran-ajaran Islam. Pada awalnya, PP ini akan diasuh oleh KHR. Khozin Khoiruddin, tetapi banyak keluarga beliau yang tinggal di Siwalanpanji kurang merestuinya, maka KHR. Moh Abbas yang diserahi untuk mengasuh PP tersebut. Sementara KHR. Khozin Khoiruddin tinggal di Siwalanpanji dan mengendalikan PP dari jauh.

Sebagai santri pertamanya hanya beberapa orang saja yang sengaja diboyong dari Siwalanpanji. Pada tahun-tahun pertama PP ini hanya mengandalkan, pengajian kitab-kitab kuning. Pada tahun 1964 didirikanlah sebuah Madrasah Tsanawiyah Al-Khoziny yang diprakarsai oleh KHR. Abdul Mujib Abbas Khozin. Kemudian pada tahun 1970 didirikan pula Madrasah Aliyah Al-Khoziny, dan pada tahun 1975 didirikan Madrasah Ibtidaiyah untuk menampung santri yang semakin hari semakin banyak, terutama santri-santri usia dini dari masyarakat sekitar. Ketiga lembaga pendidikan tersebut di atas, statusnya diakui. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum departemen agama.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya