Pesantren Al-Khoziny Sidoarjo

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.2
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Al-Khoziny Sidoarjo

PROFIL

Pondok pesantren Al Khoziny berdiri pada tahun 1927. dibangun di atas tanah milik KHR. Mohammad Abbas Khozin yang terletak di desa Buduran Sidoarjo. Lokasinya cukup strategis, karena berada sekitar 50 m di tepi jalan raya utama Sidoarjo-Surabaya. PP ini dibangun atas prakarsa dan insiatif KHR. Khozin Khoiruddin, ayahanda  KHR. Mohammad Abbas.

Beliau melihat bahwa masyarakat sekitar sangat membutuhkan bimbingan dan pengarahan di bidang agama, karena masyarakat di kelurahan Buduran saat itu nyaris tidak tersentuh oleh ajaran-ajaran Islam. Pada awalnya, PP ini akan diasuh oleh KHR. Khozin Khoiruddin, tetapi banyak keluarga beliau yang tinggal di Siwalanpanji kurang merestuinya, maka KHR. Moh Abbas yang diserahi untuk mengasuh PP tersebut. Sementara KHR. Khozin Khoiruddin tinggal di Siwalanpanji dan mengendalikan PP dari jauh.

Sebagai santri pertamanya hanya beberapa orang saja yang sengaja diboyong dari Siwalanpanji. Pada tahun-tahun pertama PP ini hanya mengandalkan, pengajian kitab-kitab kuning. Pada tahun 1964 didirikanlah sebuah Madrasah Tsanawiyah Al-Khoziny yang diprakarsai oleh KHR. Abdul Mujib Abbas Khozin. Kemudian pada tahun 1970 didirikan pula Madrasah Aliyah Al-Khoziny, dan pada tahun 1975 didirikan Madrasah Ibtidaiyah untuk menampung santri yang semakin hari semakin banyak, terutama santri-santri usia dini dari masyarakat sekitar. Ketiga lembaga pendidikan tersebut di atas, statusnya diakui. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum departemen agama.

Lembaga PP Al-Khoziny, nampaknya semakin diminati orang, sehingga semakin banyak santri yang datang. Mereka berasal dari Jawa, Madura, Bawean, Sumatra, Kalimantan dan lainnya. Pada tahun 1982 pihak lembaga PP AL-Khoziny mendirikan sekolah tinggi Diniyah. Sekolah tinggi tersebut kini telah dirubah menjadi Institut Agama Islam (IAI) Al-Khoziny, dan pada tahun 2000 dibuka program Akta IV dan tahun 2001 dibuka Program Magister Agama dan sampai sekarang sudah mengeluarkan wisudawan/ wisudawati yang ke IV, dan pada tahun yang lalu ( 2004 ) telah dibuka program D-2.

Pendiri
KH. R. Khozin Khoiruddin

Pengasuh :.
1. KH. Moch Abbas Khozin
2. KH. Abdul Mujib Abbas
3. KH. R. Abdul Salam Mujib

PENDIDIKAN
LP Al-Khoziny, walaupun telah mengadakan reformulasi pengelolaan sistem pendidikannya tetapi masih menggunakan sistem salaf dalam bidang pengajian kitab kuning yang lebih ditekankan pada masalah-masalah fiqh dan tafsir.

Dalam perkembangannnya dengan tetap memegang ciri khas sebagai pondok salafi , pondok pesantren ini dengan bimbingan K.H Abdul Mujib Abbas berupaya mengklasifikasikan pendidikan santri menjadi pendidikan formal yang berbentuk sekolah ( Madrasah ).

Pada mulanya berbentuk Diniyah yang seluruh meteri pelajarannya hanya pendidikan agama saja ( Kitab salaf ) namun dengan perkembangan pendidikan di indonesia dan kebutuhan disekitarnya K.H Abdul Mujib Abbas memasukan pendidikan formal tersebut kedalam Pendidikan Pesantren dengan Membangun Pendidikan formal

Kitab yang diajarkan:
pengajian kitab kuning, dengan spesifikasi materi Tafsir menggunakan Tafsir Jalalain, Ibnu Katsir, Tafsir Munir, Rawa'iul Bayan dan lain-lain.

Materi fiqh dengan kitab-kitab rujukan; Muhadzab, Syahrut Tahrir, Fathul Mu'in, Fathul Wahhab, Fathul Qorib, al-Fiqhu 'ala Mazdahibil Arba'ah, Kifayatul Akhyar, Nihaytuz Zain dan lain-lain; tauhid menggunakan kitab Aqidatul Awam, Kifayatul Awam, al-Husunul Hamidiyah, Jawahirut Thalamidziyah, Tuhfatul Murid, Ad Dasuki, dan lain sebagainya.

Kitab-kitab yang digunakan dalam ilmu alat (nahwu/sharaf, balaghah dan mantiq) di antaranya Ajurumiyah, Imrity, Alfiyah ibnu Aqil, Jawahirul Maknun, Qawaidul Lughatul Arabiyah, Idhohul Mubham, Sulamul Malawi. Dalam bidang akhlaq dan tasawuf menggunakan kitab, Ihya' Ulumuddin, Sullam Taufiq, Bidayatul Hidayah, Syarhul Hikam dan lain sebagainya, dan Ushul fiqh menggunkan Mabadi' Awwaliyah, Waraqot, Asybah Wan Nadho'ir, Alluma', Jam'ul Jawami', dan lain-lain.

Pendidikan Formal
1. 1964 membuat Sekolah Menengah pertama Islam ( SMPI ) yang pada th 1970 dirubah menjadi Madrasah Tsanawiyah Al-khoziny
2. 1970 Membuat Sekolah Menengah Atas Islam ( SMAI ) yang juga dirubah menjadi Madrasah Aliyah Al-khoziny
3. 1971 Membuat Sekolah Persiapan A & Persiapan B yang selanjutnya dirubah menjadi Madrasah Ibtida'iyah Al-Khoziny
4. Th 1982 Mendirikan Sekolah Tinggi Diniyah yang kemudian Pada th 1993 diformalkan menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI ) dan Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'an ( STIQ ) yang sekarang berubah menjadi Institut Agama Islam ( IAI ) Al-Khoziny
Pendidikan Non Formal
1. Pesantren
2. Madrasah Diniyah

EKSTRAKURIKULER

Pesantren Al-Khoziny memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :
1. Kajian Kitab Kuning
2. Tahfidzul Qur'an
3. Kursus Bahasa Arab
4. Bahasa Inggris
5. Pelatihan komputer
6. Serta latihan keterampilan seperti kepemimpinan
7. Pertukangan
8. Pertanian
9. Pelatihan las
10. Peternakan
11. Jurnalistik
12. Pencak silat (Pagar Nusa) 
13. Kasidah modern, khusus kasidah sudah sampai pada tahap rekaman dan telah menghasilkan beberapa album yang terkenal dengan Ixany Group.


Muthola'ah kitab kuning di pesantren Al-Khoziny


Hadrah di pesantren Al-Khoziny

FASILTAS
Pesantren Al-Khoziny memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. 35 ruang belajar untuk putra dan putri
2. 4 ruang pimpinan PP
3. 3 ruang pimpinan madrasah
4. 2 ruang guru
5. 3 ruang administrasi
6. 3 ruang pertemuan
7. 1 ruang keterampilan
8. 1 ruang laboratorium komputer
9. ruang kesenian
10. mushalla
11. ruang BP3
12. 34 ruang asrama putera
13. 23 ruang asrama puteri
14. tiga unit rumah pengasuh
15. 29 unit kamar mandi dan WC.


Gedung pesantren di pesantren
Al-Khoziny


Gedung kampus di pesantren Al-Khoziny

ALAMAT

Jl. KHR. Moh Abbas I/18, Buduran, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
Kode Pos: 61252

Telepon: (031)-8921560
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi :  Pesantren Al-Khoziny

 


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

KUNJUNGI JUGA

       

      

 

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya