Biografi KH. Asror Ridwan

 
Biografi KH. Asror Ridwan

Riwayat dan Kelahiran

Pada sekitar kurang lebih tahun 1910-an lahirlah seorang bayi yang bernama Asror (KH. Asror) di Kampung Kauman, yaitu Kampung yang terletak di sekitar lingkungan Masjid yang menjadi kebanggaan dan pusat pengembangan ilmu-ilmu agama dari dulu sampai sekarang oleh masyarakat dan santri Kaliwungu dan sekitarnya, yaitu Masjid Besar Al-Muttaqin. Ayah beliau bernama KH. Ridwan yang masih keturunan Ki Ageng Tarub atau lebih dikenal dengan sebutan Joko Tarub. KH. Ridwan adalah sosok yang rajin dan istiqomah dalam membaca Al-Qur’an, meskipun KH. Ridwan tidak hafal Al-Qur’an atau bahkan sudo rungu, tapi KH. Ridwan dapat menyimak dan mengoreksi seseorang yang sedang  mengaji.

Menuntut Ilmu

Pada waktu kecil, KH. Asror dididik oleh ayahnya sendiri, setelah beranjak dewasa, pemuda KH. Asror mengaji atau berguru kepada ulama Kaliwungu yang juga masih kerabat dengan ayah dan ibunya. Diantara Guru-gurunya adalah KH. Ahmad Ru'yat (saudara sepupu), KH. Ahmad Badawi (kakak ipar) dan masih banyak lagi ulama lain yang mendidik beliau.

Pada masa menuntut ilmu, KH. Asror dikenal tekun dan disiplin sehingga walaupun beliau sangat lama menuntut Ilmu di daerahnya sendiri, namun karena ketekunannya, beliau bisa menguasai Ilmu-ilmu yang diperoleh dari guru-gurunya. Diantaranya adalah beliau hafal Al-Qur’an, hafal Qira’ah Sab’ah, hafal kitab Tafsir Jalalain, hafal kitab Fathul Mu’in dan menguasai ilmu-ilmu syari’ah lainnya.

Walaupun beliau menguasai banyak ilmu, namun beliau dikenal masyarakat sebagai seorang Kyai yang tawadhu’santun dan loman (dermawan). Sehingga banyak masyarakat yang ta’dhim  kepada beliau, sampai-sampai konon katanya, apabila ada seseorang yang naik sepeda lewat di depan rumahnya, sepeda tersebut dituntun sebagai penghormatan kepada beliau.

Pada suatu hari, beliau dipanggil oleh KH. Ahmad Ru'yat yang tidak lain adalah guru sekaligus saudara sepupu beliau. Beliau diminta oleh KH. Ahmad Ru'yat untuk mengajar/mulang masyarakat setiap pagi hari (ba’da subuh), agar masyarakat tidak buta akan ilmu-ilmu agama khususnya ajaran Al-Qur’an.

Dengan keta’dhiman dan keikhlasan, beliau menyanggupi permintaan gurunya tersebut. Pengajian yang diajarkan beliau adalah kitab Tafsir Jalalain, tetapi sebelum beliau memulai mengajar, terlebih dahulu beliau membaca Al-Qur’an bil ghaib sekedar beberapa ayat dan disimak oleh masyarakat yang mengaji.

Ratusan orang setiap pagi berbondong-bondong mengaji kepada beliau, mungkin dikarenakan beliau merupakan salah seorang santri kesayangan KH. Ahmad Ru’yat, mungkin juga karena kealiman beliau yang menguasai berbagai bidang Ilmu Agama (Ulumulqur’an dan Ulumussyari’ah) dan mungkin juga dikarenakan ketawadhu’an, kelomanan dan kesantunan beliau kepada setiap orang. Allahu A’lam  

Pengajian Tafsir Jalalain ini bertempat di sebuah Majlis Ta'lim samping rumah beliau atau tepatnya di sebelah utara Masjid Besar Al-Muttaqin Kauman Kaliwungu Kendal. Disamping itu, KH. Asror juga mengajar para santri di Ponpes-nya sendiri (PPTQ Al-Asror) dan di Ponpes APIK Kauman yang merupakan peninggalan kerabat Ayah beliau yaitu KH. Abdurrasyid bin Musa (kakak KH. Ridwan) dan KH. Irfan bin Musa (kakak KH. Ridwan).

Ini adalah bukti pengabdian beliau kepada para santri dan masyarakat serta usaha beliau mensyi'arkan ilmu dan syari'at Islam kepada seluruh santri dan masyarakat. Beliau juga dipercaya menjadi Imam Shalat Tarawih di Masjid Besar Al-Muttaqin Kaliwungu.

Diantara murid/santri beliau banyak yang menjadi tokoh/ulama di daerahnya, diantaranya adalah KH. Dachlan Salim Zarkasyi Semarang yang merupakan perintis/penemu Metode Qira’ati dan konon katanya, metode ini merupakan metode membaca Al-Qur’an  yang pertama kali ada di Indonesia. Dan juga masih banyak lagi santri/murid beliau yang lain yang menjadi ulama/tokoh masyarakat.

Panggilan Ilahi

Pada hari Selasa kurang lebih jam 05.30 WIB tanggal 16 Juni 1987 M atau bertepatan dengan tanggal 19 Syawal 1407 H beliau dipanggil oleh Allah swt untuk selama-lamanya. Ribuan orang mengantarkan kepergian jenazah beliau, mengantarkan seorang ulama yang disegani masyarakatnya karena ketawadhu’an, kedermawanan dan kesantunannya. Beliau dimakamkan di samping makam ayah dan kerabatnya, seperti KH. Irfan dan KH. Humaidullah Irfan.


Mendirikan Pesantren

Diantara jasa dan peninggalan beliau yang masih lestari dan diteruskan adalah PPTQ Al-Asror dan Pengajian Tafsir Jalalain yang sekarang diasuh oleh putra beliau yaitu, KH. Nidhomuddin Asror. Juga pengembangan Ponpes APIK Kauman serta pendirian Ponpes ARIS yang tidak lepas dari jasa beliau dan ulama lain yang masih kerabat beliau, diantaranya KH. Humaidullah Irfan, KH. Ibadullah Irfan dan KH. Ahmad Dum Irfan atas ide dan perintah langsung KH. Ahmad Ru'yat yang masih merupakan saudara sepupu beliau.
 

Mudah-mudahan, amal ibadah, jasa dan pengabdian beliau kepada para santri dan masyarakat Kaliwungu diterima oleh Allah swt. dan mendapatkan balasan pahala yang berlipat ganda dari Rabb Yang Maha segalanya, Allah SWT. Amin Ya Mujibassailin

 

 

Sumber: Dari Berbagai Sumber