Biografi KH. Abdullah Ubab MZ

 
Biografi KH. Abdullah Ubab MZ

Riwayat dan Keluarga

Beliau adalah putra pertama dari tiga bersaudara hasil pernikahan al fadhil KH Maimoen Zubair dengan istri pertamanya ibu Nyai Hj. Fahimah binti KH Baidhowi Lasem. Dilahirkan di Sarang, Rembang pada tanggal 10 Agustus 1954 M. beliau kecil sudah sangat akrab dengan lingkungan pesantren. Mengaji, sholat berjamaah, sekolah madrasah adalah kebiasaannya sehari-hari yang sudah menjadi didikan putra kyai. Sehingga tak heran jika akhirnya membentuk pribadi yang saleh dan memiliki kadar intelektual yang tinggi.

Masa Pendidikan

Beliau melanjutkan studinya di madrasah Darul Ulum, Jombang selama periode 1971-1973. Setelah mengenyam pendidikan di Jombang, beliau memperdalam ilmunya di PP Lirboyo pada tahun 1974-1977, mengikuti jejak sang ayah yang dulunya pernah nyantri di sana.

KH. Ubab dewasa terkenal dengan pergaulan yang supel, baik dengan kawan maupun lawan, punya solidaritas tinggi dan tawadhu'. Setelah lulus dari PP Lirboyo beliau melanjutkan perjalanan sucinya ke tanah Haram, mengabdi dan mengaji di bawah bimbingan dan naungan Sayyid Muhammad bin Alawi al Malikiy.

Hingga tiba waktunya beliau pulang ke tanah air untuk mengembangkan dan memperjuangkan ajaran para guru, ajaran ulama' salaf, ajaran Rosulillah di kelas muhadhoroh. Beliau memegang fan ushulul fiqh dengan mengajar kitab Ghayatul Wushul.

Mengasuh Pesantren

Akhirnya di Sarang, bersama para masyayikh beliau ikut mengembangkan pesantren Sarang khususnya PP Al Anwar. Di luar gelanggang pesantren beliau pun gigih memperjuangkan Islam lewat medan politik. Terbukti dari tahun 1990 sampai sekarang beliau masih menjabat sebagai pengurus DPC PPP Kabupaten Rembang.

 

Sumber: https://ppalanwar.com/