Pesantren Attarbiyah Sumedang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Attarbiyah Sumedang

Profil

Pondok Pesantren At-Tarbiyah terletak di Dusun Margamukti RT 04 RW 04 Desa Licin, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang. Di pondok tersebut, pendidikan kitab kuning masih menjadi yang utama.

Sampai saat ini, kitab kuning yang diajarkan meliputi ilmu fikih, akidah, akhlak, tasawuf, tata bahasa Arab (ilmu nahwu dan ilmu sharaf), hadis, tafsir, ‘ulumul qur’aan, hingga pada ilmu sosial dan kemasyarakatan (muamalah).

Salah satu tantangannya memberi pendidikan kitab kuning, ujar Afief, adalah kemunculan teknologi informasi berupa internet yang semakin mudah diakses di mana saja dan kapan saja. Para santri saat ini sudah biasa memanfaatkan internet melalui telepon-telepon genggam yang mereka miliki.

Tantangan yang dihadapi ponpes saat ini, yaitu bagaimana membuat para santri merasa lapar akan ilmu yang diperoleh dari pesantren, termasuk di antaranya mempelajari kitab kuning. Salah satu cara yang dilakukan di At-Tarbiyah, yakni memberi motivasi bahwa hanya dengan tiga tahun belajar di ponpes maka santri sudah memiliki bekal untuk hidup, salah satunya menguasai kitab kuning.

Pesantren yang terletak di kaki Gunung Tampomas, Sumedang, itu dirintis pada 1984 hanya dengan sembilan santri saja. Saat itu, pengajaran untuk santri putra dan putri digabung, mengingat lahan hanya seluas 14x15 meter saja.

Saat ini, total jumlah santri ada 200 orang. Sedangkan, jumlah alumni sudah 22 angkatan yang tersebar di mana-mana. Rata-rata para santri berasal dari berbagai wilayah di Jawa Barat, seperti Garut, Subang, Sumedang, dan Bandung. Mereka rata-rata bersekolah di SMP/MTS dan MAN/SMA yang berada di sekitar pesantren.

Mereka belajar di pesantren tersebut selama tiga tahun, kecuali yang memulainya dari tingkat SD selama enam tahun. Angkatan di pesantren pun tidak digolongkan sesuai dengan kelas mereka di sekolah umum, tetapi disesuaikan dengan angkatan masuk pesantren.

Rutinitas mereka sehari-hari, yaitu mengaji yang dilakukan setiap hari setiap ba’da Subuh, ba’da Ashar, ba’da Maghrib, dan ba’da Isya. Tiap malam Jumat terdapat acara doa bersama dan tahlilan. Sedangkan, pada malam Sabtu terdapat latihan pidato, mulai dari jadi pembawa acara sampai memberikan tausiyah.

Prestasi yang diraih para santri pun tidak bisa dibilang sedikit. Berbagai macam lomba tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional pun sudah dimenangkan para santri didikan At-Tarbiyah, seperti lomba Musabaqah Tilawah al-Quran (MTQ), lomba Musabah Qiraah al-Kutub (MQK), lomba pidato bahasa Arab, lomba dakwah, lomba Bahts al-Kutub, sampai lomba Qasidah, dan berbagai jenis lomba olahraga.

Pengasuh

  1. KH Afief Abdul Lathief

Pendidikan

  1. Tahfidzul Quran
  2. Madrasah Diniah

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5. Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Seni Hadroh
  8. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  9. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha: Pertanian, Perikanan, dan Peternakan
     


 


 

Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
3. Gudang
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Dapur
11. Aula
12. Lapangan
13. Kantor



 




Alamat

Jl. Licin I RT 02 RW 01 Ds. Licin Kec. Cimalaka Kab. Sumedang Jawa Barat

Telp. (0261) 202784/081320424335

Kode Pos: 45353

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.