Imam Nawawi dan Tiga Generasi Keluarga Al-Buthi

 
Imam Nawawi dan Tiga Generasi Keluarga Al-Buthi

LADUNI.ID, Jakarta - Imam Nawawi dan tiga generasi keluarga Al-Buthi adalah sebagai berikut:

1. Syekh Mula Ramadhan Al-Buthi Rahimahullah

2. Syekh Sa'id Ramadhan Al-Buthi Rahimahullah

3. Syekh Taufiq Ramadhan Al-Buthi Hafidzahullah

Foto beliau bertiga saat ziarah ke Makam Imam Nawawi di Desa Nawa pinggiran Kota Dar'aa (± 3 jam perjalanan dari Ibukota Damaskus). Hubungan emosional spiritual beliau-beliau dengan Imam Nawawi memang tertanam turun temurun dari generasi ke generasi.

Dulu, sewaktu masih sempat ikut ngaji dengan Almarhum Syekh Al-Buthi di Masjid al-Iman Damaskus, beliau selalu mengajak ribuan jama'ah pengajiannya untuk selalu mendawamkan bacaan wirid Imam Nawawi setiap malam. Sampai detik ini sebagian besar Masjid-masjid di Suriah masih terus mengamalkan Wirid Imam Nawawi setelah Sholat Isya'.

Beliau berdua (Imam Nawawi & Syekh Al-Buthi) memiliki persamaan yang sangat membuat hati benar-benar terenyuh, yakni sama-sama menjadi korban kebengisan neo khawarij masa kini, siapa lagi jika bukan terroris ekstremis dibawah kelompok Jabhah Nusrah, al-Qaeda ISIS dan kawan-kawan.

  • 1. Syekh Al-Buthi meninggal akibat dibom atau ledakan bunuh diri saat sedang mengisi kajian tafsir mingguan dengan ribuan jama'ah nya, bersama kurang lebih 50 korban syahid lainnya yang meninggal bersama beliau dari kalangan muridnya dan juga cucunya yang bernama Ahmad Taufiq Al-Buthi.  (2013)
  • 2. Kuburan Imam Nawawi diledakkan juga oleh neo khawarij tersebut pada saat kota Dar'aa dikuasai oleh para militan/fighter asing dari puluhan negara dengan latarbelakang yang sama. (2015)

Semoga Allah merahmati mereka, dan menghukum para pelaku pengeboman keji di Dunia dan Akhirat, dan semoga Dunia aman dan terhindar dari paham takfiri yang benar-benar mengancam siapapun yang tidak sefaham atau bertentangan dengannya, karena bagi mereka siapapun yang berbeda dengan akidah mereka, maka halal darahnya baginya, jangan kan kita manusia yang masih hidup, benda mati atau seperti makam imam Nawawi pun tak luput dari kekejian mereka dibom hingga hancur. Berapa banyak Makam para sahabat Nabi (seperti makam Khalid bin Walid di kota Homs), Ulama' dan Wali Allah yang dihancurkan oleh mereka di Suriah. Allahul musta'aan.

 @ نوى -  Nawa

(Ust Fikyanto)